.

Definisi Comformity atau Konformitas

 

R.S. Crutchfield dalam Hardy, mendefinisikan comformity atau konformitas, sebagai menyerah kepada kelompok. Ini tidak berarti bahwa sebuah kelompok benar-benar memaksa seseorang untuk berkelakuan tertentu. keberadaan keyakinan kelompok akan membuat beberapa orang menyesuaikan terhadap keyakinan tersebut, tanpa adanya paksaan yang nyata dalam bentuk apapun.
Menurut Monks, dkk, comformity atau konformitas biasanya dilakukan oleh seorang remaja yaitu dengan perubahan-perubahan perilaku yang disesuaikan dengan norma kelompoknya atau sering pula disebut dengan istilah konformitas.
Konformitas adalah bentuk penyesuaian diri, meskipun menentang persepsinya sendiri. Suatu sikap yang tidak selalu mau menerima apa yang dikatakan orang lain, seringkali mereka tetap yakin bahwa penilaian mereka benar, namun bila diminta untuk memberikan jawaban secara terbuka, mereka memberikan jawaban keliru yang sama dengan jawaban yang diberikan oleh orang lain (bisa diartikan menampilkan suatu tindakan karena orang lain juga melakukannya).
Disimpulkan bahwa sikap konformitas adalah kecenderungan untuk berperilaku sama dengan orang lain sebagai akibat adanya tekanan individu atau kelompok baik yang bersifat nyata ataupun yang dibayangkan dengan tujuan agar individu dapat diterima oleh kelompok ataupun terhindar dari konflik.
Referensi Makalah®
*Berbagai Sumber
Definisi Comformity atau Konformitas 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh R.S. Crutchfield dalam Hardy, mendefinisikan comformity atau konformitas, sebagai menyerah kepada kelompok R.S. Crutchfield dalam Hardy, mendefinisikan comformity atau konformitas, sebagai menyerah kepada kelompok. Ini tidak berarti bahwa sebua...


Advertisement
Post a Comment