Skip to main content

Definisi Bauran Promosi dalam Ekonomi

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: March 27, 2013

Salah satu upaya agar produk yang dihasilkan dapat diterima konsumen adalah dengan melaksanakan promosi secara tepat dan terpadu sesuai dengan situasi dan kondisi perusahaan. Kegiatan promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti advertising, personal selling, sales promotion, dan publisitas.
Promosi merupakan salah satu unsur dalam bauran pemasaran (marketing mix) yang bertujuan untuk menginformasikan, mempengaruhi, membujuk dan mengingatkan pelanggan atau konsumen tentang sasaran perusahaan dan bauran pemasarannya.
Bauran promosi adalah kombinasi yang paling baik dari variable-variabel periklanan, penjualan personal, promosi penjualan dan hubungan masyarakat yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan.
Kegiatan memperkenalkan produk dengan meyakinkan dan meningkatkan kembali manfaat suatu produk kepada para pembeli dengan harapan mereka akan termotivasi dan secara suka rela membeli produk tersebut.
Menurut William J. Staton, menyatakan, bauran promosi adalah sejenis komunikasi yang memberikan pengeluaran yang meyakinkan kepada calon konsumen tentang barang dan j asa, yang mempunyai tuj uan untuk memperoleh perhatian, mendidik, mengingatkan dan menyakinkan calon kosumen.
Istilah bauran promosi mengacu pada kombinasi dari beberapa alat promosi yang berbeda yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengiklankan dan menjual layanan produknya.
Dalam kegiatan promosi dikenal adanya bauran promosi yaitu kombinasi dari srtategi yang paling baik dari periklanan, personal selling, promosi penjualan, dan public relation dengan ciri dan biaya yang berbeda. Sehingga pemasar harus memahami betul bagaimana sarana yang tepat dalam memasarkan produk/ jasa yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Buchari Alma, Manajemen Pemasaran dan pemasaran jasa, (Bandung: Alfabeta,2000). Charles W. Lamb, Jr. Joseph F. Hair, Jr. Dan Carl McDaniel, Pemasaran, (Jakarta: Salemba Emban Patria, 2001). Mahmud Machfoed, Komunikasi Pemasaran Modern, (Yogyakarta, Cakra Ilmu, 2010)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar