Skip to main content

Cara Mengatasi Perilaku Munkarat

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: March 19, 2013

Di dalam al-Quran banyak ayat yang menerangkan tentang kata munkar ini, antara lain pada surat Ali Imran ayat 104 dan surat Luqman ayat 17. Prinsip ini menurut Muktazilah sebagai cara mengatasi perilaku munkarat yang harus dijalankan oleh setiap orang Islam untuk menyiarkan agama dan mengambil bagian dari tugas ini.
Sejarah menunjukkan betapa gigihnya kaum mutazilah mempertahankan Islam, memberantas perilaku munkarat yang tersebar luas pada permulaan khalifah bani Abbasiyyah yang hendak menghancurkan kebenaran Islam, bahkan tidak segan-segan menggunakan kekerasan dalam melaksanakan perinsip tersebut, meskipun terhadap sesama golongan Islam sebagaimana yang pernah dialami golongan ahli hadits dalam masalah khalqul Quran.
Adapun dalam perspektif Asyariyah tentang mengatasi perilaku munkarat sangat berbeda dengan prinsip Muktazilah. Dalam prinsipnya Asyariyah tidak menggunakan kekerasan melainkan kebijaksanaan dan anti kerasan sepanjang pihak tersebut tidak memerangi. Dalam menyampaikan kebaikan dan melarang kemunkaran dilarang menggunakan pemaksaan kecuali sangat membahayakan orang banyak.
Referensi Makalah
*Berbagai sumber
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar