.

Faktor yang Mempengaruhi Karakteristik Konsumen

 

Karakteristik konsumen sangat beragam. Karakteristik konsumen tersebut kemudian menimbulkan pengaruh dikarenakan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi.
Faktor Kebudayaan
Sekumpulan nilai, persepsi, preferensi, dan perilaku tertentu yang diperoleh dari lingkungan keluarga, agama, kebangsaan, ras dan goegrafis. Budaya masyarakat tertentu membentuk perilaku konsumen. Produk yang berhasil harus pula memenuhi harapan mengenai norma.
Faktor Kelas Sosial
Kelas sosial adalah pembagian di dalam masyarakat yang terdiri dari individu-individu yang berbagi nilai, minat, dan perilaku yang sama. Kotler merumuskan kelas sosial sebagai pengelompokan masyarakat yang mempunyai minat, nilai-nilai serta perilaku yang serupa, dikelompokkan secara bejenjang.
Sedangkan bagi Ali Hasan mengemukakan, bahwa kelas sosial adalah pembagian kelompok masyarakat yang relatif homogen dan permanen yang tersusun secara sistematis, anggotanya menganut nilai, minat dan perilaku yang serupa.
Faktor Pribadi
Para pemasar yang bijaksana sudah lama menyadari bahwa pengaruh pribadi melebihi kekuatan upaya promosi. Dalam faktor pribadi, terdapat kelompok acuan. Istilah kelompok acuan dipekenalkan pertama kali beberapa dasawarsa yang lalu oleh Hyman dan didefinisakan sebagai orang atau kelompok orang yang mempengaruhi secara bermakna perilaku individu. Kelompok acuan memberikan standar norma dan nilai yang dapat menjadi perspektif penentu mengenai bagaimana seseorang berfikir atau berperi laku.
Faktor Psikologis
Faktor psikologis ini dipengaruhi oleh motivasi dan persepsi. Suatu kebutuhan akan menjadi motif jika ia didorong hingga mencapai tingkat intensitas yang memadai. Motif adalah kebutuhan yang cukup mendorong seseorang untuk bertindak. Sedangkan Persepsi didefinisikan sebagai proses bagaimana seseorang menyeleksi, mengatur, dan mengi nterpretasi kan masukan-masukan informasi untuk menciptaklan gambaran keseluruhan yang berarti .
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
James F. Engel, Roger D. Blackwell dan Paul W. Miniard, Perilaku konsumen, (Jakaita: Binarupa Aksara, 1994). Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, (Prenhallindo, Jakarta, 2002).
Faktor yang Mempengaruhi Karakteristik Konsumen 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Karakteristik konsumen tersebut kemudian menimbulkan pengaruh dikarenakan oleh beberapa faktor. Karakteristik konsumen sangat beragam. Karakteristik konsumen tersebut kemudian menimbulkan pengaruh dikarenakan oleh beberapa faktor. Fak...


Advertisement

No comments:

Post a Comment