.

Unit Link dalam Asuransi

 

Unit link dalam asuransi adalah polis asuransi jiwa individu yang memberikan manfaat proteksi asuransi jiwa dan juga kesempatan untuk berpartisipasi secara langsung dalam pengelolaan investasi yang setiap saat nilai polis bervariasi sesuai dengan nilai aset investasi tersebut. Dengan menjadi peserta produk unit link, seseorang bisa mendapatkan manfaat ganda yaitu perlindungan asuransi dan investasi. Tujuan dari pembelian polis asuransi ini biasanya untuk investasi jangka panjang, dimana elemen proteksi asuransi biasanya rendah.
Produk-produk unit link juga dikenal dengan istilah investment linked. Polis asuransi jiwa unit link juga disebut equity linked, yaitu dana investasi yang pada umumnya digunakan untuk mendukung produk-produk unit link dan cenderung dikaitkan dengan ekuitas atau saham. Produk unit link yang dipasarkan asuransi jiwa merupakan derivatif produk tradisional asuransi jiwa (endowment) yang dikombinasikan dengan investasi. Jika untuk produk endowmnet semua risiko ditanggung perusahaan asuransi, maka untuk unit link risiko jiwa tetap ditanggung perusahaan asuransi namun risiko investasi ditanggung peserta/ nasabah.
Pada dasarnya unit link merupakan salah satu jenis asuransi jiwa berbentuk polis-polis unit linked dengan spesifikasinya sebagai popularitas produk-produk Unit Linked yang berkembang karena tertarik dengan adanya potensi penghasilan investasi yang lebih baik. Pada produk ini elemen asuransi benar-benar terpisah dari investasi. Produk-produk ini menawarkan berbagai pilihan investasi sesuai dengan risiko investasi pilihan pemegang polis.
Unit link dalam asuransi merupakan program asuransi jiwa unit link yang memberikan manfaat berupa santunan kepada yang berhak apabila peserta mengalami musibah sebagaimana yang telah diakadkan dalam kontrak.
Polis unit link pertama kali diperkenalkan dan dikembangkan di Inggris pada tahun 1957 dan sekarang memiliki regulasi yang jelas. Selain unti link, di Negara Inggris dan Negara-negara maju lainnya ada yang disebut sebagai universal life.42 Hanya saja kalau unit link lebih merupakan investasi reksadana, namun universal life lebih beragam dan terdiversifikasi.
Pada hakikatnya tujuan peserta asuransi dalam memilih produk unit link adalah meningkatkan hasil (return) dari porsi investasi produk asuransi jiwa dengan resiko yang terkelola dengan baik. Seperti halnya asuransi biasa, peserta asuransi unit link membayar premi setiap jangka waktu tertentu, biasanya bulanan. Karena unit link adalah kombinasi produk asuransi dan reksadana, peserta unit link membayar premi dalam dua porsi: porsi premi perlindungan/ proteksi (asuransi) dan porsi investasi (reksadana).
Premi perlindungan berfungsi sama dengan premi pada asuransi biasa. Sedangkan porsi investasi akan disetorkan oleh perusahaan asuransi kepada manajer investasi untuk dikelola. Dari segi pembayaran premi, produk ini dapat diklasifikasikan sebagai polis dengan premi tunggal dan berkala.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Muhammad Syakir Sula, FIIS., Asuransi Syari ’ah (life and general): Konsep dan Sistem Operasional, (Jakarta: Gema Insani Press, 2004). Herman Darmawi, Manajemen Asuransi, (Jakarta: Bumi Aksara, 2000).
Unit Link dalam Asuransi 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Unit link dalam asuransi adalah polis asuransi jiwa individu yang memberikan manfaat proteksi asuransi Unit link dalam asuransi adalah polis asuransi jiwa individu yang memberikan manfaat proteksi asuransi jiwa dan juga kesempatan untuk berpa...


Advertisement
Post a Comment