Skip to main content

Pengertian Return Investasi

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: February 15, 2013

Return investasi merupakan hasil yang diperoleh dari investasi. Return dalam investasi dapat dibagi menjadi:
1) Return Realisasi (realized return)
Merupakan return yang telah terjadi. Return dihitung berdasarkan data historis, return realisasi penting karena digunakan sebagai salah satu pengukur dari perusahaan. Return historis ini juga berguna sebagai dasar penentuan return ekspektasi (expected return) dan risiko dimasa yang akan datang. Perhitungan return realisasi ini menggunakan return total. Return total merupakan keseluruhan dari suatu investasi dalam suatu periode tertentu.
2) Return Ekspektasi (expected return)
Merupakan return yang diharapkan akan diperoleh investor di masa yang akan datang. Perhitungan return ekspektasi dapat dilakukan dengan dua analisis, yaitu:
Pertama, pendekatan Peramalan
Pendekatan ini menjelaskan bahwa perhitungan pendekatan peramalan menggunakan pemisahan untuk masa depan, yaitu kondisi yang diduga dan probabilitas.
Kedua, pendekatan Historis
Merupakan return actual yang telah terjadi di masa lalu yang merupakan rata-rata return yang telah terjadi.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Nugroho J. Setiadi, Perilaku Konsumen (Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran), (Bogor: Kencana, 2003). Sutisna, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar