.

Pengertian Laporan Keuangan

 

Laporan keuangan merupakan pelaporan dari peristiwa dan kejadian yang bersifat moneter dan atau catatan keuangan, dengan cara yang tepat, dengan petunjuk petunjuk atau dinyatakan dalam nominal uang, serta penafsiran terhadap hal-hal yang timbul dari padanya dalam suatu perusahaan.
Laporan keuangan merupakan ringkasan dari suatu proses pencatatan, ringkasan dari transaksi keuangan yang terjadi selama tahun buku ditetapkan. Laporan keuangan dibuat oleh manajemen dengan tujuan untuk mempertanggung jawabkan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya oleh para pemilik perusahaan. Disamping itu, laporan keuangan dapat juga digunakan untuk memenuhi tujuan-tujuan lain yaitu sebagai laporan kepada pihak-pihak diluar perusahaan.
Laporan Keuangan merupakan ringkasan dari transaksi yang terjadi selama periode tertentu. Hal tersebut akan memberikan gambaran mengenai keadaan keadaan keuangan perusahaan secara menyeluruh. Informasi tentang kondisi keuangan dan hasil operasi perusahaan sangat berguna bagi pihak-pihak baik yang berada di dalam perusahaan maupun pihak-pihak diluar perusahaan.
Dalam laporan keuangan tersebut pada dasarnya ingin melaporkan kegiatan-kegiatan perusahaan meliputi kegiatan investasi, kegiatan pendanaan dan kegiatan operasional sekaligus mengevaluasi keberhasilan srategi perusahaan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.
Adapun tujuan pelaporan keuangan sebagai berikut:
  1. Informasi bermanfaat untuk pengambilan keputusan, investasi kredit dan investasi semacam lainya.
  2. Informasi bermanfaat untuk memperkirakan aliran kas untuk pemakaian eksternal.
  3. Investasi bermanfaat untuk memperkirakan aliran kas perusahaan.
Laporan keuangan yang lengkap umunya terdiri dari beberapa komponen, yaitu neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan equitas, laporan sumber dan penggunaan dana zakat, laporan sumber dan penggunaan dana kebajikan, dan catatan atas laporan keuangan.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Baridwan Zaki, Intermediate Accounting, (Yokyakarta: BPFE UGM 1999). Berti Wijaya, Analisis Rasio Keuangan dalam Memprediksi Perubahan Laba pada Perusahaan Manufaktur di Bej tahun 2006-2007, (Skripsi, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, 2007).
Pengertian Laporan Keuangan 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Laporan keuangan merupakan ringkasan dari suatu proses pencatatan, ringkasan dari transaksi keuangan yang terjadi selama tahun buku Laporan keuangan merupakan pelaporan dari peristiwa dan kejadian yang bersifat moneter dan atau catatan keuangan, dengan cara yang tepat, d...

Gunakan Browser Super Kencang Gratis, Klik di Sini


Advertisement

No comments:

Post a Comment