.

Pengertian Intensitas Belajar

 

Intensitas berasal dari kata intentio yang artinya derajat kekuatan tertinggi, kekuatan terbesar, meregang sampai batas terjauh, atau dapat diartikan kehebatan. Kaitannya dengan belajar adalah kehebatan atau kesungguhan, giat dalam melakukan belajar baik fisik maupun psikis, sehingga memperoleh hasil yang maksimal.
Sedangkan pengertian belajar menurut beberapa ahli disimpulkan bahwa belajar merupakan suatu aktifitas yang disengaja, dan aktifitas tersebut menghasilkan perubahan berupa sesuatu yang baru.
Antara pengertian yang satu dengan yang lain saling melengkapi dan berkaitan sehingga menghasilkan suatu pengertian bahwa intensitas belajar adalah kesanggupan, kesungguhan siswa dalam belajar atau giat belajar yang dilakukan siswa dalam upaya memperoleh pemahaman, pengetahuan serta tingkah laku yang lebih baik melalui prosedur latihan dan pengalaman yang dilakukan baik di sekolah maupun di rumah.
Belajar adalah kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh sejumlah ilmu pengetahuan. Dalam belajar, kita tidak bisa melepaskan dari beperapa hal yang dapat mengantarkan keberhasilan dalam belajar. Kesungguhan atau intensitas dalam belajar merupakan salah satu prinsip belajar agar mendapat hasil yang maksimal. Belajar tanpa kesungguhan akan memperoleh hasil yang kurang memuaskan, selain itu akan bayak waktu dan tenaga yang terbuang percumah, sebaliknya belajar dengan sungguh-sungguh serta tekun akan memperoleh hasil yang maksimal dan penggunaan waktu yang efektif.
Menurut Syaiful Bahri Djamrah, pedoman umum dalam belajar dapat dilakukan dengan cara belajar dengan teratur, disiplin dan bersemangat, konsentrasi, pengaturan waktu, istirahat dan tidur yang cukup.
Sesuai dengan pendapat di atas maka dapat disimpulkan intensitas atau kesungguhan dalam belajar dapat dilakukan dalam bentuk:
  1. Kedisiplinan dalam belajar.
  2. Keteraturan dalam Belajar
  3. Konsentrasi dalam Belajar
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Van Hoeve, Ensiklopedi Indonesia, (Jakarta: Ichtiar Baru, t.th). John M.E Cholas dan Hassan Sadily, Kamus Inggris Indonesia, (Jakarta: Gramedia, 2000). Elizabeth B. Harlock, Child Development, (Tokyo: Mc. Graw-Hill Cogakusha, 1978). Agus Hardjana, Kiat Sukses Studi di Peruruan Tinggi, (Yogyakarta: Kanisius, 1994). Muhammad Ali, Guru dalam Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2000). M. Dalyono, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 1997).
Pengertian Intensitas Belajar 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh intensitas belajar adalah kesanggupan, kesungguhan siswa dalam belajar atau giat belajar yang dilakukan siswa dalam upaya memperoleh pemahaman, pengetahuan serta tingkah laku yang lebih Intensitas berasal dari kata intentio yang artinya derajat kekuatan tertinggi, kekuatan terbesar, meregang sampai batas terjauh, atau dapa...

Gunakan Browser Super Kencang Gratis, Klik di Sini


Advertisement

No comments:

Post a Comment