.

Media Pembelajaran Islamic Courseware

 

Islamic Courseware merupakan sebuah piranti lunak atau program komputer yang didesain untuk digunakan sebagai media pembelajaran akidah akhlak dalam rangka meningkatkan hasil belajara peserta didik pada suatu materi tertentu.
Pada dasarnya, Islamic Courseware termasuk media pembelajaran yang dibuat menggunakan aplikasi program Microsoft Powerpoint. Program Microsoft Powerpoint adalah salah satu program Microsoft Office yang digunakan untuk membuat atau mendesain suatu presentasi. Keuntungan dalam pembuatannya adalah tidak serumit seperti Visual Basic, Macromedia flash atau Dream weaver,
Di dalam pembuatannya sendiri, tak jauh beda seperti halnya kita membuat presentasi powerpoint, hanya bedanya pada penyimpanan hasil akhirnya saja sebagai file powerpoint show, atau disingkat pps. Langkah-langkahnya adalah memasukkan Teks, Gambar, Suara dan Video, membuat tampilan menarik, membuat hyperlink, menyimpan file pada format pps (powerpoint show). Keuntungan lainnya adalah kita tidak perlu membeli piranti lunak karena sudah berada di dalam Microsoft Office.
Pemanfaatan Islamic Courseware dalam pembelajaran akidah akhlak merupakan rangkaian proses pembelajaran interaktif, yang beiangsung di laboratorium komputer sekolah dalam pembelajaran akidah akhlak pada materi akhlak terpuji dalam pergaulan remaja, di mana dalam program Islamic Courseware ditanamkan menu-menu yang mengantarkan pada materi akidah akhlak dengan menggunakan program Islamic Courseware sebagai media pembelajarannya.
Model belajar mengajar dengan memanfaatkan media pembelajaran interaktif, tentu saja tidak lepas dari penggunaan perangkat komputer. Sedangkan penggunaan perangkat komputer sebagai media pengajaran sendiri dikenal dengan nama pengajaran dengan bantuan komputer atau Computer Assisted Instruction (CAT), yaitu pemanfaatan komputer untuk penyajian informasi isi materi pelajaran, latihan, atau kedua-duanya.
Sedangkan penggunaan komputer dalam pendidikan menuntut guru mempunyai kompetensi mengajar dengan alat teknologi pendidikan modern ini. Heinich dkk. sebagaimana Azhar Asyhad dalam media pembelajaran, mengemukakan sejumlah kelebihan yang ada pada media komputer sebagai media pembelajaran antara lain:
  1. Memungkinkan siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya dalam memahami materi pelajaran.
  2. Siswa dapat mengontrol sendiri aktivitas belajarnya.
  3. Komputer dapat diprogram agar mampu memberikan umpan balik terhadap hasil belajar
  4. Komputer dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran yang bersifat individual.
  5. Komputer dapat menyampaikan materi pelajaran dengan tingkat realisme yang tinggi.
  6. Komputer dapat menayangkan kembali hasil belajar siswa dan materi pelajaran yang telah lalu untuk menambah pemahaman siswa.
Islamic Courseware merupakan media pembelajaran yang berisi materi yang sesuai dengan pembelajaran dan dilengkapi dengan menu dalam bentuk tombol yang akan mengarahkan pengguna pada sub-sub materi sesuai kebutuhan pembelajaran yang diadakan. Sumber belajar dalam kajian ini adalah materi serta konsep-konsep dalam mata pelajaran akidah akhlak materi akhlak terpuji dalam pergaulan remaja, yang sudah ditanamkan di dalam program Islamic Courseware.
Selain itu juga dilengkapi dengan soal latihan untuk mengetahui kemampuan dan seberapa jauh peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan Islamic Courseware ini, dimana tiap soal harus dijawab oleh pengguna kemudian peserta didik akan menganalisis jawaban yang diberikan untuk mengetahui kebenarannya.
Di dalam proses pembelajaran yang interaktif, guru tidak hanya berperan sebagai penyampai materi, tetapi juga menerima umpan balik dari siswa dan memberikan penguatan reinforcement terhadap hasil belajar yang telah mereka tempuh. Heinich dkk. (1992) mengajukan model perencanaan menggunakan media yang efektif yang dikenal dengan istilah ASSURE.
Dengan penggunaan program aplikasi pembelajaran interaktif ini diharapkan akan memperjelas penyampaian materi serta makna dan kesan yang pada peserta didik, sehingga mereka akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Namun di samping itu, pemanfaatan media dalam proses belajar mengajar tentu saja mempunyai kelebihan dan kelemahaanya.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Bambang Warsita, Teknologi Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008).
Media Pembelajaran Islamic Courseware 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Pada dasarnya, Islamic Courseware termasuk media pembelajaran yang dibuat menggunakan aplikasi program Microsoft Powerpoint. Islamic Courseware merupakan sebuah piranti lunak atau program komputer yang didesain untuk digunakan sebagai media pembelajaran akidah akh...



Advertisement

No comments:

Post a Comment