.

Media Pembelajaran Edutainment Belanbe

 

Menurut Oemar Hamalik, media adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan. Sedangkan media pembelajaran adalah proses komunikasi pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Adapun media pembelajaran yang digunakan dalam metode Edutainment Belanbe antara lain:
Alat-alat audio visual, alat-alat yang tergolong ke dalam kategori ini, yaitu: media proyeksi (overhead projector, slide, film dan LCD), media non-proyeksi (papan tulis, poster, papan tempel, kartun, papan planel, komik, bagan, diagram, gambar, grafik dan lain-lain), benda tiga dimensi antara lain benda tiruan, diorama, boneka, topeng, peta, globe, pameran dan museum.
Media yang menggunakan teknik atau masinal, yaitu slide, film strif, film rekaman, radio, televisi, VCD, laboratorium elektronik, perkakas otoinstruktif, ruang kelas otomatis, internet, dan komputer.
Menurut Vogotsky sebagaimana dikutip oleh Ratna Megawangi, bermain dan aktivitas yang bersifat konkrit dapat memberikan momentum alami bagi anak untuk belajar sesuatu yang sesuai dengan tahap perkembangan umurnya (age-apropriate), dan kebutuhan spesifik anak (individual needs) bermain adalah cara paling efektif untuk mematangkan perkembangan anak pada usia dini (Pre- operational thinking), dan pada masa sekolah dasar (concrete operational thinking).
Metode Edutainment belanbe sebagai suatu metode pembelajaran yang dirancang melalui suatu prinsip permainan dengan menggunakan alat peraga yang bisa menghibur dapat mengfungsikan kedua belahan otak kanan dan otak kiri secara seimbang. Karena secara anatomis, otak kanan dan otak kiri memiliki perbedaan yang berakibat pada perbedaan fungsi dan cara kerja di antara keduanya.
Menurut neurolog, kunci seorang yang cerdas dan kreatif adalah mengupayakan agar otak belahan kiri dan belahan kanan dapat berfungsi secara maksimal dan seimbang. Oleh karena itu dalam pembelajaran, otak kanan maupun otak kiri perlu dilatih dan salah satu upayanya, dengan menerapkan metode Edutainment Belanbe.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Hujair A H. Sanaki, Media Pembelajaran, (Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2009). Mustamir Pedak, Potensi Kekuatan Otak Kanan Dan Otak Kiri Anak, (Yogyakarta: Diva Press, 2009).
Media Pembelajaran Edutainment Belanbe 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Sedangkan media pembelajaran adalah proses komunikasi pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Adapun media pembelajaran Menurut Oemar Hamalik, media adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan. Sedangkan media pembelajaran adalah proses komun...



Advertisement

No comments:

Post a Comment