.

Konsep Analisis Rasio Keuangan

 

Analisis rasio adalah analisa untuk mengetahui hubungan dari pos-pos tertentu dalam neraca atau laporan rugi laba secara individu atau kombinasi dari kedua laporan tersebut. Rasio keuangan adalah hasil perhitungan antara dua macam data keuangan yang digunakan untuk menjelaskan hubungan antara kedua data keuangan tersebut yang pada umumnya dinyatakan secara numeric, baik dalam presentase atau kali. Hasil perhitungan ini digunakan untuk mengukur kinerja keuangan pada periode tertentu, dan dapat dijadikan tolak ukur untuk menilai tingkat kesehatan selama periode keuangan tersebut
Analisa rasio keuangan sangat berguna bagi manajer dan pihak-pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan untuk membuat keputusan mengenai target yang dicapai perusahaan di masa yang akan datang. Penilaian tentang kondisi keuangan perusahaan dan hasil operasi perusahaan dengan membandingkan hasil hasil perhitungan analisa rasio pembanding dengan angka rasio yang digunakan standart.
Pada dasarnya macam atau jumlah angka-angka rasio itu banyak sekali karena rasio dapat dibuat menurut kebutuhan penganalisa, namun demikian angka-angka rasio yang ada pada dasarnya dapat digolongkan menjadi dua kelompok, yaitu berdasarkan sumber data keuangan dan berdasarkan tujuan dari penganalisaan. Berdasarkan sumber datanya, angka rasio keunagan dibedakan menjadi :
Pertama, Rasio-rasio neraca (balance sheet ratio),ialah rasio-rasio yang disusun dari data yang berasal dari neraca, misalnya current rasio, acid-test rasio, current assets to total assets rasio, current liabilities to total asset ratio.
Kedua, Rasio-rasio laporan laba rugi (income statement rario) ialah rasio¬rasio yang disusun dari data yang berasal dari incame statement, misalnya gross profit margin, net operating marin, operating rasio.
Ketiga, Rasio-rasio antar laporan (inter statement ratios) ialah rasio-rasio yang disusun dari data yang berasal dari Neraca dan data lainya berasal dari income statement, misalnya assets turnover, inventory turnover, receivables turnover.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
S Munawir, Analisa Laporan Keuangan, (Yogyakarta: Liberty Yogyakarta, 2007). Slamet Riyadi, Banking Assets And Liability Manajement, (Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2006). S. Munawir, Analisa Laporan Keuangan, (Yogyakarta: Liberty, 2004). Bambang Riyanto, Dasar-Dasar Pembelajaran Perusahaan, (Yogyakarta: BPFE, 1997).
Konsep Analisis Rasio Keuangan 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Analisis rasio adalah analisa untuk mengetahui hubungan dari pos-pos tertentu dalam neraca atau laporan rugi laba Analisis rasio adalah analisa untuk mengetahui hubungan dari pos-pos tertentu dalam neraca atau laporan rugi laba secara individu atau komb...


Advertisement
Post a Comment