.

Fungsi Equatorial Sundial

 

Secara umum, fungsi Equatorial Sundial ada tiga, dengan penjabaran, yaitu:
Penunjuk Waktu Lokal
Sebagai mana telah diketahui sundial merupakan alat penunjuk waktu. Dengan melihat garis jam yang ditunjukkan oleh bayangan gnomon seseorang bisa mengetahui jam pada hari tersebut, akan tetapi waktu yang ditunjukan oleh sundial ialah waktu lokal sehingga akan ada selisih dengan waktu daerah. Selisih tersebut bisa dihitung dengan menggunakan konversi dari waktui daerah ke waktu lokal.
Selain itu, ada hal lain yang mempengaruhi perbedaan waktu yang di tunjukan sundial, yaitu equation of time, nilai equation of time bisa di peroleh dengan melihat tabel ephemeris atau dengan melihat tabel pada bulan Maret hingga September permukaan sundial yang menghadap ke arah Utara akan tersinari dan bayangan gnomon bergerak searah jarum jam sedangkan pada bulan September sampai Maret bagian selatan sundial yang akan tersinari dan gerak sundial berlawanan dengan arah jarum jam.
Penunjuk Tanggal
Sebagai mana telah diterangkan di atas, bahwa equatorial sundial memiliki dial table yang sejajar dengan garis ekuator langit, oleh karena itu panjang bayangan gnomon yang jatuh pada dial table sama dengan panjang gnomon.
Gnomon selalu membentuk sebuah lingkaran yang sering disebut dengan lingkaran deklinasi. Untuk dapat menentukan tanggal dengan menggunakan equatorial sundial, diperlukan lingkaran-lingkaran deklinasi dengan jari-jari .
Penunjuk Garis Meridian Lokal
Garis meridian lokal adalah garis lingkaran besar yang melewati observer dan menghubungkan titik Utara langit, kutub Selatan langit. Asumsikan bahwa seseorang telah memiliki sundial dengan garis-garis jam yang benar. Selain itu, gnomon yang terpasang pada sundial telah membentuk sudut terhadap bidang horizon yang besarnya sama dengan lintang tempat, maka langkah selanjutnya yang harus di lakukan adalah mensejajarkan sundial dengan garis meridian langit.
Untuk menentukan garis meridian langit, konversikan waktu lokal atau waktu yang ditunjukkan oleh jam (TL) menjadi waktu Matahari atau waktu istiwa yaitu waktu yang ditunjukkan oleh sundial (TS). Setelah mendapatkan nilai TS.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Lawrence E Jones, The Sundial And Geometry, (Glastonbury: North American Sundial Society, 2005). R Newton Mayyal dan Margaret W Mayyal, Sundials Their Contruction And Use, (Cambridge: Sky Pub Corp, 1994).
Fungsi Equatorial Sundial 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Secara umum, fungsi Equatorial Sundial ada tiga, dengan penjabaran, yaitu: Penunjuk Waktu Lokal Sebagai Secara umum, fungsi Equatorial Sundial ada tiga, dengan penjabaran, yaitu: Penunjuk Waktu Lokal Sebagai mana telah diketahui sundial m...


Advertisement
Post a Comment