.

Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar

 

Penyebab pertama kesulitan belajar (learning disabilities) adalah faktor internal, yaitu kemungkinan adanya disfungsi neurologis: sedangkan penyebab utama problematika belajar (learning problems) adalah faktor eksternal, yaitu antara lain tanpa strategi pembelajaran yang keliru, pengolahan kegiatan belajar yang tidak membangkitkan motivasi belajar anak, dan pemberian ulangan penguatan (reinforcement) yang tidak tepat.
Faktor Internal
Faktor internal, adalah faktor yang timbul dari dalam anak itu sendiri, baik fisik maupun mental. Seperti kesehatan, rasa aman, kemampuan, minat dan lain sebagainya. Aspek-aspek tersebut sangat besar pengaruhnya terhadap hasil tidaknya seorang dalam belajar, faktor jenis ini, berwujud juga sebagai kebutuhan dari individu yang bersangkutan.
Faktor-faktor internal meliputi faktor jasmaniah, faktor psikologis, dan faktor kelelahan
Faktor Eksternal
Faktor eksternal adalah faktor yang datang dari luar diri seseorang yang berasal dari lingkungan mereka. Lingkungan merupakan bagian dari kehidupan anak didik. Dalam lingkunganlah anak didik berinteraksi dalam rantai kehidupan yang disebut ekosistem. Lingkungan mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap belajar anak didik di sekolah. Faktor eksternal dikelompokkan menjadi 3 faktor, yaitu: faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor masyarakat.
1) Faktor keluarga
Keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang primer dan fundamental sifatnya. di situlah anak dibesarkan, memperoleh penemuan awal dan belajar yang memungkinkan perkembangan selanjutnya bagi dirinya. Dan di situ pula anak pertama-tama memperoleh kesempatan menghayati pertemuan-pertemuan dengan sesama manusia. Dan keluarga merupakan pusat ketenangan hidup dan pangkalan (home base) yang paling vital.
2) Faktor sekolah
Lingkungan sekolah adalah lingkungan kedua setelah lingkungan keluarga. Sekolah didirikan oleh masyarakat atau negara untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga yang sudah tidak mampu lagi memberi bekal persiapan hidup berupa pengajaran bagi anak-anaknya. Tapi dalam lingkungan sekolah banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap belajar siswa, yang mencakup metode mengajar, kurikulum, relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, media pendidikan, waktu sekolah, dan standar pelajaran diatas ukuran
3) Faktor Masyarakat
Jika keluarga adalah komunitas masyarakat terkecil, maka masyarakat adalah komunitas masyarakat dalam kehidupan sosial yang terbesar Lingkungan masyarakat memberi pengaruh kepada siswa karena keberadaannya dalam lingkungan ini. Faktor tersebut, diantaranya kegiatan siswa dalam masyarakat, mass media, teman bergaul, dan bentuk kehidupan masyarakat.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Ary H. Gunawan, Administrasi Sekolah Administrasi Pendidikan Mikro, (Jakarta: Rineka Cipta, 1996). Sardiman A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rajawali, 1990). Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 19997). Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005). Mahfudh Shalahuddin, Pengantar Psikologi Pendidikan, (Surabaya: Bina Ilmu, 1990).
Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Penyebab pertama kesulitan belajar (learning disabilities) adalah faktor internal, yaitu kemungkinan Penyebab pertama kesulitan belajar ( learning disabilities ) adalah faktor internal, yaitu kemungkinan adanya disfungsi neurologis: sedang...


Advertisement
Post a Comment