.

AIO dalam Studi Psikografis

 

AIO, istilah yang digunakan secara umum dan dapat dipertukarkan dengan psikografis, mengacu pada pengukuran kegiatan, minat, dan opini. Menurut Engel, dkk, AIO singkatan dari activities, interest, dan opinion, dengan penjabaran, sebagai berikut:
Activities (kegiatan) adalah tindakan nyata seperti menonton suatu medium, berbelanja di toko, atau menceritakan kepada tetangga mengenai pelayanan yang baru. Walaupun tindakan ini biasanya dapat diamati, alasan untuk tindakan tersebut jarang dapat diukur secara langsung. Aktivitas yaitu orang yang mudah atau tidak bergerak dan bereaksi serta bertingkah laku secara spontan.
Interest (minat) akan semacam obyek, peristiwa, atau topik adalah tingkat kegairahan yang menyertai perhatian khusus maupun terus­menerus kepadanya. Minat ialah usaha aktif menuju pelaksanaan suatu tujuan. Tujuan pada umumnya yaitu titik akhir daripada gerakan yang menuju sesuatu arah tetapi tujuan minat adalah melaksanakan suatu tujuan.
Opinion (opini) adalah “jawaban” lisan atau tertulis yang orang berikan sebagai respons terhadap situasi stimulus dimana semacam pertanyaan diajukan. Atau dapat diartikan sebagai hasil pekerjaan piker dalam meletakkan hubungan antara tanggapan yang satu dengan lainnya, antara pengertian satu dengan pengertian lain, dan dinyatakan dalam satu kalimat.
Opini digunakan untuk mendeskripsikan penafsiran, harapan, dan evaluasi seperti kepercayaan mengenai maksud orang lain, antisipasi sehubungan dengan peristiwa masa datang, dan penimbangan konsekuensi yang memberi ganjaran atau menghukum dari jalannya tindakan alternatif.
Sedangkan menurut Prasetijo, mengungkapkan AIO (activities, interest, dan opinion) adalah:
  1. Activities (kegiatan) yaitu apa yang dikerjakan konsumen, produk apa yang dibeli atau digunakan, kegiatan apa yang mereka lakukan untuk mengisi waktu luang.
  2. Interest (minat) yaitu apa kesukaan, kegemaran dan prioritas dalam hidup konsumen.
  3. Opinion (opini) yaitu pandangan dan perasaan konsumen dalam menanggapi isu­isu global, lokal, moral, ekonomi, dan sosial.
Schiffman dan Kanuk mengungkapkan riset AIO mencari tanggapan konsumen terhadap sejumlah besar pertanyaan yang mengukur AIO.
  1. Kegiatan, yaitu bagaimana konsumen menggunakan waktu
  2. Minat, yaitu pilihan dan prioritas konsumen
  3. Pendapat, yaitu bagaimana konsumen memandang berbagai macam kejadian dan persoalan.
Dalam bentuk umum, studi Psikografis AIO menggunakan serangkaian pernyataan (daftar pernyataan psikografis) yang dirancang untuk mengenali berbagai aspek yang relevan mengenai kepribadian, motif membeli, minat, sikap, kepercayaan, dan nilai­nilai konsumen.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Hartanto, dkk. Psikologi Ekonomi dan Konsumen. (Depok: Penerbit Bagian Psikologi Industri dan Organi sasi Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia, 2005). Angel dkk, Perilaku Konsumen, (Jakarta: Binarupa Aksara, 1994).
AIO dalam Studi Psikografis 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Menurut Engel, dkk, AIO singkatan dari activities, interest, dan opinion, dengan penjabaran, sebagai berikut: AIO, istilah yang digunakan secara umum dan dapat dipertukarkan dengan psikografis, mengacu pada pengukuran kegiatan, minat, dan opini. Men...


Advertisement
Post a Comment