.

Strategi Pembelajaran PQ4R

 

PQ4R, singkatan dari Preview, Question, Read, Reflect, Recite dan Review, merupakan salah satu trategi pembelajaran elaborasi. Strategi elaborasi adalah proses penambahan perincian. Sehingga informasi baru akan menjadi lebih bermakna. Strategi ini digunakan untuk membantu peserta didik mengingat apa yang mereka baca, dan dapat membantu proses belajar mengajar di kelas yang dilaksanakan dengan membaca materi di dalam buku pelajaran.
Arends menyatakan, bahwa elaborasi adalah proses penambahan rincian sehingga informasi baru akan menjadi lebih bermakna, oleh karenanya membuat pengkodean akan memberikan kemudahan dan lebih memberikan kepastian. Dengan menggunakan strategi elaborasi akan lebih memungkinkan membantu pembelajar dalam pemindahan informasi baru dari memori jangka panjang dengan pengkodean atau dengan perincian informasi.
Arends mengatakan bahwa strategistrategi belajar merujuk kepada perilaku dan proses-proses pikiran yang digunakan peserta didik yang mempengaruhi apa yang dipelajari, termasuk ingatan dan proses metakognitif. Melalui strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite dan Review (PQ4R) ini diharapkan peserta didik dapat memahami konsep dari suatu materi pelajaran.
Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite dan Review (PQ4R), digunakan untuk membantu peserta didik mengingat apa yang mereka baca, dan dapat membantu proses belajar mengajar di kelas yang dilaksanakan dengan membaca materi di dalam buku pelajaran.
Kegiatan membaca buku bertujuan untuk mempelajari sampai tuntas bab demi bab suatu pembelajaran. Dengan ketrampilan membaca itu, setiap memasuki daerah keilmuan dengan penuh pesona dan mengembangkan ketrampilan guna mencapai sukses dalam hidup.
Arends mengatakan bahwa strategi-strategi belajar merujuk kepada perilaku dan proses-proses pikiran yang digunakan peserta didik yang mempengaruhi apa yang dipelajari, termasuk ingatan dan proses metakognitif. Nama lain untuk strategi belajar adalah strategi kognitif.
Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam strategi PQ4R adalah:
Preview (membaca selintas dengan cepat) adalah tugas membaca dengan cepat dengan memperhatikan judul-judul dan topik utama, baca tujuan umum dan rangkuman dan rumuskan isi bacaan tersebut membahas tentang apa.
Question (bertanya) adalah memahami topik dan judul utama dengan mengajukan pertanyaan ada bacaan yang telah dibaca kemudian mencoba menjawab sendiri;
Read (membaca) adalah tugas membaca bahan bacaan secara cermat dengan mengecek jawaban dari pertanyaan yang dilakukan pada langkah kedua.
Reflect (refleksi) adalah melakukan refleksi sambil membaca dengan cara menciptakan gambaran visual dari bacaan dan menghubungkan informasi baru di dalam bacaan tentang apa yang telah diketahui
Recite (tanya jawab sendiri) adalah melakukan resitasi dengan menjawab dengan suara keras pertanyaan yang diajukan tanpa membuka buku
Review (mengulang secara menyeluruh) adalah langkah untuk mengulang kembali seluruh bacaan, baca ulang bila perlu dan sekali lagi jawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006).
Strategi Pembelajaran PQ4R 4.5 5 Anonymous Melalui strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite dan Review (PQ4R) ini diharapkan peserta didik dapat memahami konsep dari suatu materi pelajaran. PQ4R, singkatan dari Preview, Question, Read, Reflect, Recite dan Review, merupakan salah satu trategi pembelajaran elaborasi. Strategi el...


Advertisement
Post a Comment