.

Pengertian Marjinal dalam Pendidikan

 

Kaum marjinal sama halnya masyarakat yang miskin, masyarakat pinggiran yang nantinya agar tidak tertinggal dan tidak terisolasi. Kaum marjinal dalam pendidikan adalah mereka yang terpinggirkan hak akan pendidikan (wajib belajar 9 tahun).
Menurut Paulo Freire, Kaum marjinal dibedakan dua kelompok yang jarang mendapat perhatian dalam hal pendidikan. Pertama, penyandang cacat, yaitu yang kurang beruntung mendapatkan pendidikan yang memadai dan pendidikannya dibedakan dengan kaum “normal” yang menjadikan kaum cacat menjadi terasing dari lingkungan sosial, tereklusi dari sistem sosial orang-orang normal. Kedua, anak-anak jalanan, kaum miskin yang sudah terbiasa dengan kekerasan.
Selain itu, pengertian marjinal bisa dikatakan adalah kaum pinggiran, kaum miskin, indigo. Ada beberapa alasan yang bisa dikemukakan di sini. Kaum marjinal bisa dikatakan kaum pinggiran atau kaum miskin yang dibawah kemiskinan. Jika dikaitkan bahwa persoalan surutnya pendidikan karena adanya kesenjangan ekonomi, maka generasi muda yang ideal adalah mereka yang berasal dari kalangan masyarakat marjinal.
Kaum marjinal dalam pendidikan alah mereka yang; Pertama, golongan masyarakat yang paling merasakan penderitaan atas himpitan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari mereka.
Kedua, masyarakat marjinal umumnya hanya memiliki 2 (dua) alternatif dalam proses pendidikan mereka; memperoleh pendidikan formal pada lembaga pendidikan formal yang kurang (bahkan tidak) bermutu, atau sama sekali tidak bersekolah dan menjadi pekerja di sektor informal. Bekal pendidikan yang pas-pasan, membuat masyarakat marjinal susah berkompetisi di pasar tenaga kerja. Akibatnya, peluang untuk memperbaiki kehidupan ekonomi mereka semakin sempit.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Paulo Freire, The Politic of Education; Culture, Power, and Liberation, dalam Agung Prihantoro dan Fuad Arif Fudiyar (ed), Politik Pendidikan, Kebudayaan dan Pembebasan, (Jogjakarta: ReaD, 2002).
Pengertian Marjinal dalam Pendidikan 4.5 5 Anonymous Menurut Paulo Freire, Kaum marjinal dibedakan dua kelompok yang jarang mendapat perhatian dalam hal pendidikan. Kaum marjinal sama halnya masyarakat yang miskin, masyarakat pinggiran yang nantinya agar tidak tertinggal dan tidak terisolasi. Kaum marji...


Advertisement
Post a Comment