.

Pengertian Kelas Imersi

 

Istilah imersi diambil dari bahasa Inggris to immerse yang berarti mencelupkan, menyerap atau melibatkan secara mendalam. Dalam pembelajaran bahasa asing muncullah kelas imersi, yang artinya adalah pembelajaran satu atau beberapa mata pelajaran dengan menggunakan bahasa asing sebagai bahasa pengantar.
Dalam pembelajaran kelas imersi rombongan belajar/ kelas disyaratkan maksimal 24 siswa dalam setiap rombongan belajar/ kelas. Dengan jumlah siswa yang kecil diharapkan guru dan peserta didik mempunyai banyak kesempatan untuk berinteraksi sehingga memungkinkan terjadinya proses pembelajaran yang efektif.
Kurikulum yang digunakan dalam kelas imersi adalah kurikulum berbasis kompetensi (KBK), namun sesuai dengan perkembangan kebijakan Dinas Pendidikan Nasional sekarang menggunakan KTSP (kurikulum tingkat satuan pembelajaran), yang berpedoman pada manajemen berbasis sekolah (MBS).
Peraturan perundang-undangan yang mendasari perlunya segera diselenggarakan kelas imersi antara lain:
Amandemen UUD 1945 tahun 2002, Undang-undang no 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-undang No. 22 tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah, Peraturan pemerintah No. 25 tahun 2000 tentang kewenangan pemerintah pusat dan kewenangan propinsi sebagai daerah otonom.
Adapun tujuan diselenggarakannya kelas imersi adalah :
  1. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan.
  2. Menghasilkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan berwawasan Internasional.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Pemprov Jateng Dinas P & K, Buku Pedoman Penyelenggaraan Kelas Imersi Propinsi Jawa Tengah, (Semarang: Pemprov Jeteng Dinas P & K, 2004).
Pengertian Kelas Imersi 4.5 5 Anonymous Dalam pembelajaran kelas imersi rombongan belajar/ kelas disyaratkan maksimal 24 siswa dalam setiap Istilah imersi diambil dari bahasa Inggris to immerse yang berarti mencelupkan, menyerap atau melibatkan secara mendalam. Dalam pembelajar...


Advertisement
Post a Comment