.

Pengertian Joyful Learning

 

Joyful Learning, secara bahasa berarti pembelajaran yang menyenangkan. Kegembiraan dalam belajar telah terbukti memberikan efek yang luar biasa terhadap capaian hasil belajar peserta didik. Kecerdasan emosional telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap efektifitas pembelajaran disamping kecerdasan intelektual.
Dalam konteks pendidikan, guru mengajar agar peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat mempengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta ketrampilan (aspek psikomotor) seorang peserta didik.
Berlatar dari penerapan strategi PAIKEM, joyful learning atau disebut juga dengan pembelajaran menyenangkan, merupakan salah satu model pembelajaran dalam strategi tersebut. Dalam pembelajaran ini mempunyai landasan-landasan yang bisa dijadikan sebagai dasar atau acuan, sebagai usaha sadar yang sistematik selalu bertolak dari landasan dan mengindahkan sejumlah asas-asas tertentu.
Landasan pelaksanaan joyful learning, yaitu UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003, pasal 4 dan pasal 40 ayat 2, dan PP. No. 19 tahun 2005, pasal 19.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Nasution, Teknologi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008). Mamul. Tips Aplikasi PAKEM (Pebelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan), (Jogja: Diva Press,2011).
Pengertian Joyful Learning 4.5 5 Anonymous Berlatar dari penerapan strategi PAIKEM, joyful learning atau disebut juga dengan pembelajaran Joyful Learning, secara bahasa berarti pembelajaran yang menyenangkan. Kegembiraan dalam belajar telah terbukti memberikan efek yang luar b...


Advertisement
Post a Comment