Skip to main content

Pengertian Bedah Mayat Anatomis

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: January 08, 2013

Bedah mayat ada dua macam, yaitu bedah mayat anatomis dan bedah mayat klinis. Dalam referensi ini penulis memfokuskan pada persoalan bedah mayat anatomis.
Bedah menurut bahasa Inggris adalah operation, sedangkan menurut bahasa Arab adalah badha’a-yabdha’u. Dalam bahasa Indonesia pembedahan berarti melakukan bedah atau irisan.
Anatomi berasal dari bahasa Yunani Anatome; ana artinya menguraikan, dan tome artinya memotong. Jadi anatomi adalah ilmu yang mempelajari struktur tubuh dengan jalan memotong dan menguraikan bagian-bagian tubuh. Sedangkan Ensiklopedi Kesehatan mendefinisikan anatomi sebagai struktur tubuh setiap makhluk hidup dan telah mengenai tubuh itu.
Jadi bedah mayat anatomis adalah pemeriksaan yang dilakukan dengan cara pembedahan terhadap mayat untuk keperluan pendidikan di bidang ilmu kedokteran.
Menurut ilmu anatomi pembedahan di sini adalah pembedahan tubuh mayat yang dikerjakan oleh mahasiswa fakultas kedokteran untuk mempelajari jaringan-jaringan dan susunan alat-alat tubuh manusia dalam keadaan sehat (normal).
Pengertian umum dari pembedahan mayat itu adalah melakukan pengirisan atau pembedahan pada tubuh manusia yang sudah meninggal dunia baik mengenai bagian luar maupun dalam, dikerjakan secara ilmiah untuk mengetahui susunan anatomi normal dalam hubungannya dengan fungsi untuk pendidikan.
Maka dari pengertian tersebut, disimpulkan unsur-unsur dari pengertian bedah mayat anatomis sebagai berikut:
  1. Melakukan pengirisan atau pembedahan secara ilmiah.
  2. Pada tubuh mayat yang diperlukan.
  3. Dengan adanya tujuan tertentu.
Referensi Makalah®
Keupstakaan:
John M. Echol dan Hassan Shadily, Kamus Bahasa Indonesia - Inggris, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1976). Asad M. Alkalali, Kamus Bahasa Indonesia - Arab, (Jakarta: Bulan Bintang, 1987). Penyusun Kamus Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1990). Juslam Samihardja dkk., Osteologia, (Semarang: Laboratorium Anatomi Fakultas Kedokteran Undip, 1987). Hermaya, Ensiklopedi Kesehatan, (Cipta Adi Pustaka, 1992). Soetedjo, dkk, Pedoman Profesi Dokter Masa Kini dan Mendatang, (Semarang: BP Undip).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar