.

Penerapan Strategi Card Sort

 

Penerapan strategi card sort, dapat digunakan dalam pembelajaran, dengan cara menggunakan kartu-kartu yang dibuat oleh seorang guru. Di dalamnya terdapat poin-poin yang berkaitan tentang suatu materi. Prosedur yang digunakan ketika menerapkan metode card sort dalam pembelajaran adalah:
  1. Memberikan masing-masing peserta didik kartu indeks yang berisi informasi atau contoh yang cocok dengan satu atau lebih kategori.
  2. Meminta peserta didik untuk berusaha mencari temannya di ruang kelas dan menemukan orang yang memiliki kartu dengan kategori sama.
  3. Membiarkan peserta didik dengan kartu kategorinya sama menyajikan sendiri kepada orang lain.
  4. Selagi masing-masing kategori dipresentasikan, dibuat beberapa poin mengajar yang dirasa penting.
Dalam interaksi model card sort guru menciptakan suasana belajar yang mendorong anak-anak untuk saling membutuhkan, inilah yang dimaksud positive interdependence atau saling ketergantungan positif. Saling ketergantungan positif ini dapat dicapai melalui ketergantungan tujuan, ketergantungan tugas, ketergantungan sumber belajar, ketergantungan peranan dan ketergantungan hadiah.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Hisyam Zaini, dkk, Strategi Pembelajaran Aktif, (Yogyakarta: PUSTAKA INSANI Madani, 2008). Hisyam Zaini, dkk. Strategi Pembelajaran aktif, (Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008). Mulyana Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003).
Penerapan Strategi Card Sort 4.5 5 Anonymous Dalam interaksi model card sort guru menciptakan suasana belajar yang mendorong anak-anak untuk saling membutuhkan, Penerapan strategi card sort , dapat digunakan dalam pembelajaran, dengan cara menggunakan kartu-kartu yang dibuat oleh seorang guru. Di da...


Advertisement
Post a Comment