.

Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dalam Pembelajaran

 

Pendekatan adalah suatu rencana tentang cara-cara pendayagunaan dan penggunaan potensi dan sarana yang ada untuk meningkatkan efektivitas dan efisien. Antara metode dan pendekatan dibedakan, pendekatan lebih menekankan pada strategi dalam perencanaan, sedangkan metode lebih menekankan pada teknik pelaksanaannya.
Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS), merupakan pendekatan kodrat manusia dalam upaya mengenali alam lingkungannya. Menurut Mariati dan Kartijono pendekatan pembelajaran jelajah alam sekitar (JAS) dapat didefinisikan sebagai pendekatan pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan alam sekitar kehidupan peserta didik baik lingkungan fisik, sosial, teknologi maupun budaya sebagai objek belajar biologi yang fenomenanya di pelajari melalui kerja ilmiah.
Pembelajaran jelajah alam sekitar (JAS), membentuk siswa mengembangkan potensinya sebagai manusia yang memiliki akal budi. Penekanan kegiatan belajar yang dikaitkan dengan lingkungan sekitar kehidupan siswa; dan dunia nyata, selain dapat membuka wawasan berfikir yang beragam, siswa juga dapat mempelajari berbagai macam konsep dan cara mengkaitkannya dengan masalah-masalah kehidupan nyata.
Jelajah alam sekitar, merupakan pendekatan yang kegiatannya selalu di kaitkan dengan alam sekitar secara langsung maupun tidak langsung. Hal tersebut di karenakan pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) di dasarkan pada tiga ciri pokok yaitu:
  1. Selalu dikaitkan dengan alam sekitar secara langsung, tidak langsung maupun dengan menggunakan media.
  2. Selalu ada kegiatan berupa peramalan, pengamatan, dan penjelasan.
  3. Ada laporan untuk dikomunikasikan baik secara lisan, tulisan, gambar, foto, atau audiovisual.
Penerapan pendekatan JAS mengajak peserta didik mengenal obyek, gejala dan permasalahan, menelaahnya dan menemukan kesimpulan atau konsep tentang sesuatu yang dipelajarinya.
Pendekatan jelajah alam sekitar (JAS), terdiri atas beberapa komponen yang seyogyanya dilaksanakan secara terpadu. Komponen-komponen JAS, yaitu; eksplorasi, konstruktivisme, proses sains, masyarakat belajar (learning community)
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Nuryani Y Rustama, dkk., Strategi Belajar Mengajar Biologi, (tt.p: Universitas Pendidikan Indonesia, 2003). Utadi, Pendekatan Efektif Dalam Pembelajaran Matematika, (Jakarta: Depag, 2007). Ridlo, S, Pendekatan Jelajah Alam Sekitar, (Semarang: FMIPA UNNES, 2005). Sri Mulayani, dkk., Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pendekatan Pembelajaran Biologi, (Semarang: FMIPA UNNES, 2009). Aditya Marianti, (ed.), Bungai Rampai Pendekatan Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS), (Semarang: FMIPA UNNES, 2006).
Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dalam Pembelajaran 4.5 5 Anonymous Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS), merupakan pendekatan kodrat manusia dalam upaya mengenali alam lingkungannya. Pendekatan adalah suatu rencana tentang cara-cara pendayagunaan dan penggunaan potensi dan sarana yang ada untuk meningkatkan efektivitas d...


Advertisement
Post a Comment