.

Metode Gallery Walk dalam Pembelajaran

 

Gallery berarti pameran, yaitu kegiatan untuk memperkenalkan produk, karya atau gagasan kepada khalayak ramai. Sedangkan Walk artinya berjalan atau melangkah.
Menurut Melvin L. Silberman, Gallery Walk atau galeri belajar merupakan suatu cara untuk menilai dan mengingat apa yang telah dipelajari siswa selama berlangsungnya pembelajaran. Metode ini baik digunakan untuk membangun kerja sama kelompok (cooperative learning) serta pembelajaran aktif (active learning), saling memberi apresiasi dan koreksi dalam belajar.
Metode Gallery Walk atau disebut juga galeri belajar adalah sebagai salah satu metode dari pembelajaran aktif (active learning), yakni suatu metode pembelajaran efektif, yang mudah dipersiapkan asalkan memahami langkah-langkah metode tersebut.
Metode Gallery Walk atau galeri belajar, adalah metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk membuat suatu daftar baik berupa gambar maupun skema sesuai hal-hal apa yang ditemukan atau diperoleh pada saat diskusi yang dilakukan di setiap kelompok belajar. Hasilnya untuk dipajang di dinding atau di depan kelas. Kemudian, masing-masing kelompok diskusi menyiapkan satu orang wakil, untuk mempresentasikan hasil diskusi yang dibuat di kertas plano atau lif flat, dan ditempel di dinding/ depan kelas. Sedangkan kelompok lain mendengarkan presentasi serta mengoreksi hasil karya, secara bergantian dari kelompok satu ke kelompok yang lain sambil berjalan mengelilingi karya-karya yang digalerikan. Setelah selesai pameran gallery, kemudian dipertanyakan saat diskusi kelompok dan ditanggapi. Penggalerian hasil kerja dilakukan saat peserta didik telah selesai mengerjakan tugasnya, sesuai waktu yang telah ditetapkan sebelumnya.
Berdasarkan uraian tersebut, Gallery Walk (galeri belajar) merupakan suatu metode pembelajaran yang mampu mengakibatkan daya emosional siswa untuk menemukan pengetahuan baru dan dapat mempermudah daya ingat jika sesuatu yang ditemukan itu dilihat secara langsung. Gallery Walk juga dapat memotivasi keaktifan dan kreatifitas peserta didik dalam proses belajar, sebab bila sesuatu yang baru ditemukan berbeda antara satu dengan yang lainnya maka, dapat saling mempresentasikan atau mengkoreksi antara peserta didik, baik kelompok maupun antar peserta didik itu sendiri.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Hisyam Zaini, Strategi Pembelajaran Aktif, (Yogyakarta: Center For Teaching Staff Develofment, 2007).
Metode Gallery Walk dalam Pembelajaran 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Metode Gallery Walk atau disebut juga galeri belajar adalah sebagai salah satu metode dari pembelajaran aktif (active learning), Gallery berarti pameran, yaitu kegiatan untuk memperkenalkan produk, karya atau gagasan kepada khalayak ramai. Sedangkan Walk artinya berja...


Advertisement
Post a Comment