.

Manajemen Pembelajaran Out Door

 

Referensi tentang manajemen pembelajaran out door, akan kami jelaskan satu persatu dengan litrasi etimologi. Manajemen berasal dari bahasa latin, yaitu asal dari kata manus yang berarti tangan dan agere yang berarti melakukan. Management diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi manajemen atau pengelolaan.
Sedangkan pengertian pembelajaran adalah proses interaktif yang berlangsung antara guru dan siswa sehingga terjadi tingkah laku ke arah yang lebih baik, yang tersusun juga meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi tujuan pembelajaran.
Adapun pembelajaran out door adalah suatu pembelajaran yang dilakukan diluar ruangan dengan menggunakan alam sebagai media pembelajarannya. Karena pada hakikatnya, memanusiakan manusia adalah pendidikan, sedangkan alam adalah tempat manusia hidup.
Pembelajaran out door sebenarnya memberikan suatu ketrampilan (life skill) kepada peserta didik, yaitu dengan membekali pengetahuan kreatif, produktif, dan inovatif. Sehingga dengan memiliki ketrampilan serta kecakapan itu dapat di harapkan siswa mampu memiliki bekal untuk dapat bekerja dan berusaha untuk dapat mendukung pencapaian taraf hidup yang lebih baik.
Manajemen pembelajaran adalah sebagai usaha dan tindak kepala sekolah sebagai pemimpin instruksional di sekolah dan usaha maupun tindakan guru sebagai pemimpin pembelajaran di kelas, dilaksanakan sedemikian rupa untuk memperoleh hasil dalam rangka mencapai tujuan program sekolah dan juga pembelajaran.
Dengan demikian, manajemen pembelajaran out door merupakan proses penataan dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan diluar kelas dengan tujuan untuk membentuk karakter siswa, yang menempatkan lingkungan hidup sebagai basis penyelenggaraannya. Adapun sekolah alam untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah di tetapkan, menggunakan fungsi-fungsi manajemen yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan pengawasan atau evaluasi.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Husaini Usman, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006). Henry L Sisk, Principles of Management, (Ohio: South Western Publishing Company, 1969). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan, (Semarang: CV Aneka Ilmu, 2003). Miftahul R, Hakikat Pembelajaran, Quantum, (Edisi: 17/th.7/1/2001). Syaiful Syagala, Konsep dan Wawancara Pembelajaran, (Bandung: Alfabeta, 2003).
Manajemen Pembelajaran Out Door 4.5 5 Mushlihin Mursalin Adapun pembelajaran out door adalah suatu pembelajaran yang dilakukan diluar ruangan dengan menggunakan alam sebagai media pembelajarannya. Referensi tentang manajemen pembelajaran out door, akan kami jelaskan satu persatu dengan litrasi etimologi. Manajemen berasal dari bahasa ...



Advertisement

No comments:

Post a Comment