.

Definisi Penanggalan

 

Penanggalan berasal dari kata tanggal. Tanggal berarti kalender (takwim), yang juga berarti proses, cara, pembuatan penanggalan. Penanggalan memiliki arti pembuatan, pembubuhan, perangkaian, penyusunan tanggal yang di dalamnya terdapat jumlah tanggal, hari dan bulan. Jadi penanggalan secara umum sama seperti kalender maupun perhitungan atau kumpulan tanggal-tanggal, hari-hari, serta bulan yang berada di dalamnya.
Secara istilah penanggalan memiliki arti:
  1. Hari dalam bulan: bilangan yang menyatakan hari yang ke berapa dalam bulan
  2. Perhitungan hari dalam bulan (Tarikh)
  3. Daftar hari dalam bulan serta pembubuhan tanggal.
Dalam pengertian yang lain penanggalan adalah kalender yang memuat nama-nama bulan, nama-nama tanggal, nama-nama hari keagamaan. Seperti yang terdapat dalam kalender Masehi.
Dalam penanggalan terdapat daftar hari dalam bulan, almanak dan takwim. Jadi penanggalan juga berarti kalender, yang dipergunakan untuk perhitungan dalam menentukan hari-hari tertentu yang berkaitan dengan ibadah.
Pada zaman dahulu, penanggalan berarti pula sebuah tanda-tanda bagi umat manusia untuk melakukan hal-hal perting yang berkaitan dengan ibadah ataupun perkerjaan yang penting lainnya. Tak hanya itu, penanggalan juga menjadi pertanda dimulainya sebuah kebiasaan yang sudah melekat pada setiap manusia pada zaman dahulu, hal itu dikarenakan belum adanya urutan tanggal sebagaimana saat ini berlangsung.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Asad M. Alkhalali, Kamus Indonesia Arab, (Jakarta: Bulan Bintang, 2007). WJ.S Poerwardarminta, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1976). L. Mardi Warsito, Kamus Jawa Kuno Indonesia, (Jakarta: Nusa Indah, 1978).
Definisi Penanggalan 4.5 5 Anonymous Dalam penanggalan terdapat daftar hari dalam bulan, almanak dan takwim. Jadi penanggalan juga berarti kalender, Penanggalan berasal dari kata tanggal. Tanggal berarti kalender ( takwim ), yang juga berarti proses, cara, pembuatan penanggalan. Penangga...


Advertisement
Post a Comment