.

Biografi Wahbah Zuhaili

 

Wahbah Zuhaili lahir di Desa Dir Athiah, Damaskus, Syiria, pada tahun 1932 M, terlahir dari pasangan H. Mustafa dan Hj. Fatimah binti Mustafa Sadah.
Wahbah Zuhaili mulai belajar al-Quran dan Ibtidaiyah di kampungnya. Menamatkan pendidikan ibtidaiyah di Damaskus pada tahun 1946 M. Wahbah Zuhaili lalu melanjutkan pendidikannya di kuliah syariah dan tamat pada tahun 1952 M. Dia sangat suka belajar, sehingga ketika pindah ke Kairo Mesir, dia mengikuti beberapa kuliah secara bersamaan. Yaitu di fakultas Bahasa Arab di Universitas Al-Azhar dan fakultas Hukum Universitas Ain Syams.
Wahbah Zuhaili memperoleh ijazah takhasus pengajaran Bahasa Arab di al-Azhar pada tahun 1956, kemudian memperoleh ijazah Licence (Lc) bidang hukum di Universitas Ain Syams pada tahun 1957. Magister Syariah dari fakultas Hukum Universitas Kairo didapatnya pada tahun 1959. Sedangkan gelar Doktor diperoleh pada tahun 1963.
Setelah memperoleh ijazah Doktor, Wahbah Zuhaili menjadi staf pengajar pada fakultas Syariah, Universitas Damaskus pada tahun 1963, kemudian menjadi asisten dosen pada tahun 1969, dan menjadi profesor pada tahun 1975.
Sebagai guru besar, Wahbah Zuhaili juga menjadi dosen tamu di sejumlah Universitas di Negara-negara Arab, seperti pada fakultas Syariah dan Hukum, serta Fakultas Adab Pascasarjana Universitas Benghazi Libya, Univeresitas Khurtum, Universitas Ummu Darman, Universitas Afrika yang ketiganya berada di Sudan.
Wahbah Zuhaili sangat produktif dalam menulis, mulai dari artikel dan makalah, sampai kitab besar yang terdiri dari 16 jilid. Badi al-Lahlam menyebutkan sebanyak 199 karya tulis Wahbah Zuhaili selain jurnal.
Diantara karya-karya terpenting Wahbah Zuhaili adalah al-Fiqh al-Islam wa adillatuhu, at-Tafsir al-Munir, al-Fiqh al-Islam fi Uslubih al-Jadid, Nazariyat adh-Dharurah asy-Syariyah, Ushul al-Fiqh al-Islami, as-Zharaiah fi as-Siyasah asy-Syariah, al- Alaqat ad-Dualiyah fi al-Islam,
Kitab karyanya yang membuat Wahbah Zuhaili menjadi terkenal dan banyak mempengaruhi pemikiran-pemikiran fikih kontemporer adalah al-Fiqh al-Islam wa Adillatuhu. Kitab ini berisi fikih perbandingan, terutama madzhab-madzhab fikih yang masih hidup dan diamalkan oleh umat Islam di seluruh dunia.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Muhammad Khoirudin, Kumpulan Biografi Ulama Kontemporer, (Bandung: Pustaka Ilmu, 2003.)
Biografi Wahbah Zuhaili 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Wahbah Zuhaili mulai belajar al-Quran dan Ibtidaiyah di kampungnya. Menamatkan pendidikan ibtidaiyah di Damaskus Wahbah Zuhaili lahir di Desa Dir Athiah, Damaskus, Syiria, pada tahun 1932 M, terlahir dari pasangan H. Mustafa dan Hj. Fatimah binti Musta...


Advertisement
Post a Comment