.

Biografi Azyumardi Azra

 

Azyumardi Azra lahir di Lubuk Alung, Sumatra Barat, 4 Maret 1955. Pendidikan S.1 ditempuh di fakultas Tarbiyah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ia kemudian memperoleh beasiswa Fullbright untuk studi di Columbia Univercity, New York Amerika Serikat (1986). Dari departemen bahasa-bahasa dan kebudayaan Timur Tengah ia meraih gelar MA (1988); dari departemen sejarah pada universitas yang sama, ia memperoleh gelar MA kedua (1989), M.Phil (1990) dan PhD (1992). Disertasintya berjudul The Transmission of Islamic Reformism to Indonesia; Network of Midle Eastern and Malay Indonesia “Ulama’ in the seventeenth and Eighteenth Centuries, (Allen Unwin & AAAS, Fort Coming).
Karir Azyumardi Azra, dimulai ketika ia menjadi dosen IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 1982, dan setelah menggondol Doktor dari Columbia USA, maka Azyumardi mulai banyak mengajar pada sejumlah program pasca sarjana di Indonesia. Selanjutnya, ia menjadi guru besar sejarah pada fakultas Adab, sejak 1977; pembantu rektor I pada tahun 1998, dan Rektor IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, sejak 14 Oktober 1998. Pada masa kepemimpinannya, status IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta secara resmi berubah menjadi Universitas Islam Indonesia (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, sejak 20 Mei 2002.
Selain itu, Azyumardi Azra juga sempat menjadi peserta Southeast Asia Fellow pada Oxford Centre For Islamic Studies, Oxford University (1994- 1995); SEASREP Visiting professor pada Unevercity of Malaya dan Univercity of Philipines, Diliman (1997), dan International Distinguished, Visiting Professor pada New York Univercuty, dan The Asia centre, Harvard Univercity (2001). Dia juga menjadi External Examiner tesis MA dan disertasi PhD pada University Malaya, Melbourne Univercity, Leiden Univercity, International Islamic Univercity Kuala Lumpur dan Universitas Indonesia.
Pada fase awal karirnya Azyumardi Azra adalah wartawan Panji Masyarakat (1979-1982) dan peneliti LRKN LIPI (1982-1985), dan menjadi dosen di almamaternya, sejak tahun 1985, dan menjadi anggota dewan redaksi jurnal Ulumul Qur’an, Islamika, Editor in Chief Studika Islamika, wakil direktur Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) IAIN Jakarta. Ia juga aktif sebagai pemakalah dalam berbagai seminar dan kolumnis pada sejumlah media massa nasional dan internasional.
Buku-buku yang Azyumardi Azra tulis dan diterbitkannya antara lain, Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara abad XVII dan XVIII (Mizan, 1994), yang berasal dari disertasinya, dan Pergolakan Politik Islam: dari Fundalisme, Modernisme, hingga Postmodernisme, (Paramadina, 1996). Adapun buku-buku hasil editannya: Islam dan Masalah-masalah kem asyarakatan (Pustaka Panjimas, 1983), Perspektif Islam di Asia Tenggara (Yayasan Obor Indonesia, 1985). Sedangkan buku-buku terjemahannya: Mengenal Ajaran kaum Sufi (Pustaka Jaya, 1984) dan Agama di Tengah Sirkulasi Politik (pustaka Panjimas, 1985).
Pada tahun 1999, Azyumardi Azra menerbitkan dan meluncurkan enam buku yang antara lain sebagai berikut:
  1. Pendidikan Islam: Toleransi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru; Esei-esei Intelektual Muslim & Pendidikan Islam (logos Wacana Ilmu).
  2. Renaisans Islam di Asia Tenggara: Sejarah Wacana & Kekuasaan terpilih sebagai buku terbaik bidang Humaniora dan ilmu-ilmu sosial, Yayasan buku utama 1999.
  3. Menuju Masyarakat madani: Gagasan, Fakta dan Tantangan (Remaja Rosda Karya).
  4. Konteks Berteologi di Indonesia: Pengalaman Islam (Paramadina)
  5. Islam Reformis: Dinamika Gerakan, Pembaharuan dan Intelektual (Rajawali pers). pada 2000,
Buku kumpulan wawancaranya di beberaopa media massa nasional dan internasional, Islam Substantif: Agar Umat Tidak Jadi Buih (Mizan), lima buku terakhir diedit oleh Idris Taha.
Saat ini ia sedang menyiapkan tiga manuskrip bukunya berbahasa Inggris, yang sudah siap cetak sebuah penerbitan Singapura. Ketiganya berjudul Islam in Indonesia; Continuity and Changes in Modern World; Islam in Malaya-Indonesian World; dan Islam, Ulama and the State System.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Idris Thaha, “Memahami Azyumardi Azra”, dalam Islam Subtantif. (Bandung: Mizan, 2000).
Biografi Azyumardi Azra 4.5 5 Anonymous Karir Azyumardi Azra, dimulai ketika ia menjadi dosen IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 1982, dan setelah Azyumardi Azra lahir di Lubuk Alung, Sumatra Barat, 4 Maret 1955. Pendidikan S.1 ditempuh di fakultas Tarbiyah IAIN Syarif Hidayatullah Jak...


Advertisement
Post a Comment