.

Biografi Anthony Giddens

 

Anthony Giddens lahir di Edmonton, London utara pada tahun 1938. Ketika belajar di London School of Economics, ia mengambil tesis tentang masalah sosiologi olah raga. Di tempat pendidikannya itu dia telah menjadi direkturnya. Di Universitas Manchester tempat awalnya mengajar ia bertemu dengan Nobert Elias dengan karya-karya yang sangat mempengaruhi sebagai pengajar di King College of Cambridge dan Universitas California (Santa Barbara).
Giddens juga menjadi anggota kehormatan pada King College dan Profesor Sosiologi pada universitas Cambridge. Sepanjang dua dasawarsa silam ia telah menerbitkan lebih dari dua puluh buku dan meneguhkan dirinya sendiri sebagai pemikir terkemuka. Tulisan-tulisan Giddens mengkombinasikan pemahaman (keterangan) yang seksama atas karya-karya klasik dengan kepekaan terhadap isu-isu teori sosial kontemporer terpenting. Ia menempatkan kedua arah perhatian tersebut bersama-sama dalam arahan suatu proyek yang mempersatukannya. Proyek ini mencakup identifikasi dan kritik-kritik terhadap kelemahan pemikiran tradisional serta pengembangan cara menteorikan isu-isu yang masih kabur atau dilalaikan dalam kerangka menjabarkan realitas sosial sehingga bisa dipahami dengan menggunakan pendekatan yang tidak monolitik.
Audien Internasionalnya terus bertambah (bukunya telah diterjemah kedalam dua puluh dua bahasa). Mungkin di Prancis kurang begitu dikenal. Dari dua puluh karyanya baru dua diantaranya diterjemah ke dalam bahasa Prancis. Pada tataran pemikiran, proyeknya ternyata melewati posisi tradisional antara sosiologi determinis dan sosiologi individualis. Pada tataran politik, ia dianggap sebagai teoretisi dan pusat radikalisme (radical center) yang menolak aliran tradisional kiri dan kanan yaitu liberalisme ala Thatcher dan referensi lama sosialisme dari partai buruh.
Anthony Giddens adalah direktur London School Of Economics (LSE). Dia adalah seorang penulis yang sangat produktif. Karya-karya tulisannya sendiri ataupun editingnya telah lebih dari 30 judul dan telah diterjemahkan ke berbagai bahasa dunia. Kiprah intelektual Anthony Giddens sangat mengagumkan ia telah menumbuhkan minat dari banyak kalangan untuk menelaah lebih jauh segala dimensi pemikirannya, di antara terdapat empat jilid buku yang ditulis secara khusus untuk membahas pemikiranya.
Di antara buku yang relatif baru dan segar ialah The Consequences Of Modernity (1989), Modernity and Self Identity (1991), The Tranformation Intimacy (1992), Beyond Left and Right (1994), Defence of Sociology ( 1996 ), The Third Way (1998), dan Runaway World (1999).
Buku Third Way bisa diposisikan sebagai buku cerdas yang paling menyedot perhatian banyak kalangan, dari kelompok akademis hingga politisi internasional. Di antara mereka adalah Tony Blair (PM Inggeris) dan Gerhard Schoeder (Kanselir Jerman) yang mempraktekkan pemikiran-pemikiran genius Anthony Giddens dalam kebijakan politik mereka.
Buku Beyond Left and Right, merupakan salah satu pilar penting yang telah mengantarkan Anthony Giddens berlabuh ke dermaga konseptual yang terkandung dalam the third way tersebut. Dengan kata lain pemikiran Anthony Giddens tentang the third way tidak bisa dilepaskan dari genealogi historis yang merekam semua gejolak paradigmatik dalam buku Beyond left And Right.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Peter Beilharz, Teori Teori Sosial, (Observasi Kritis Terhadap Para Filosof Terkemuka), Terj. Sugit Jatmiko, Alen & Unwin (PTY Ltd, Yogyakarta, 2002). Anthony Giddens, Daniel Bell, Michael Forca, Sosiologi (Sejarah dan Berbagai Pemikiranya), Terj. Ninik Rocchani Sjams, (Yogyakarta, Kreasi Wacana, 2004). Anthony Giddens, Beyond Left And Right; Tarian Ideologi Alternatif Di antara Pusara Sosialisme dan Kapitalisme, Terj. Imam Khoiri, (Ircisod, Yogyakarta, 2003). Anthony Giddens, Jalan Ketiga dan Kritik-Kritiknya, Terj.Imam Khoiri, (Ircosod, Yogyakarta, 2000).
Biografi Anthony Giddens 4.5 5 Anonymous Buku Beyond Left and Right, merupakan salah satu pilar penting yang telah mengantarkan Anthony Giddens Anthony Giddens lahir di Edmonton, London utara pada tahun 1938. Ketika belajar di London School of Economics, ia mengambil tesis tentang m...


Advertisement
Post a Comment