.

Pengertian Pendidikan Berbasis Life Skill

 

Pendidikan berbasis life skill adalah kecakapan hidup yang dimiliki oleh seseorang untuk berani menghadapi problema kehidupan secara wajar, kemudian secara proaktif dan kreatif mencari serta menemukan solusi sehingga mampu mengatasinya. Pendidikan kecakapan hidup adalah pendidikan kemampuan, kesanggupan dan ketrampilan yang diperlukan oleh seseorang untuk menjaga kelangsungan hidup dan pengembangan dirinya. Kemampuan mencakup daya pikir, daya kalbu, dan daya raga.
Pendidikan life skill sebagai pendidikan dapat memberikan bekal ketrampilan yang praktis, terpakai, terkait dengan kebutuhan pasar kerja, peluang usaha dan potensi ekonomi atau industri yang ada di masyarakat. Pendidikan life skill memiliki cakupan yang luas, berinteraksi antara pengetahuan yang diyakini sebagai unsur penting untuk hidup lebih mandiri. Pendidikan life skill mengacu pada berbagai ragam kemampuan yang diperlukan seseorang untuk menempuh kehidupan dengan sukses, bahagia dan secara bermartabat di masyarakat.
Penulis simpulkan, bahwa pendidikan life skill atau pendidikan kecakapan hidup, adalah salah satu konsep baru dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi yang dapat melahirkan kecakapan hidup pada seseorang berupa kemampuan, kesanggupan dan ketrampilan untuk menjaga kelangsungan hidup dan pengembangan dirinya sehingga mau dan berani mengahadapi problema kehidupan secara wajar, kemudian secara proaktif dan kreatif mencari serta menemukan solusinya.
Apabila dikaitkan dengan pembelajaran, maka pendidikan berbasis life skill ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  1. Melalui reorientasi pembelajaran
  2. Mengubah strategi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan dan metode yang variatif
  3. Melalui pembelajaran kecakapan vokasional (bagi siswa yang berpotensi tidak melanjutkan).
Dengan berbagai macam strategi tersebut, diharapkan kurikulum yang digunakan dapat menghantarkan para peserta didik memiliki kecakapan hidup untuk bisa bertahan dalam berbagai persoalan hidup serta cakap dalam menemukan solusinya.
Secara umum, manfaat pendidikan life skill bagi peserta didik adalah sebagai bekal dalam menghadapi serta memecahkan permasalahan, baik secara pribadi, masyarakat dan sebagai warga negara. Sedangkan tujuan utama dari pendidikan berbasis life skill adalah untuk meningkatkan relevansi pendidikan dengan nilai-nilai kehidupan nyata atau mempersiapkan peserta didik agar memiliki kemampuan, kesanggupan dan ketrampilan yang diperlukan untuk menjaga kelangsungan hidup serta mengembangkan dirinya.
Secara lebih spesifik, tujuan dari pendidikan berbasis life skill yaitu;
  1. Memberdayakan aset kualitas batiniyah, sikap dan perbuatan lahiriyah peserta didik melalui pengenalan nilai (logos), penghayatan nilai (etos), dan penerapan nilai (patos) kehidupan sehari-hari, sehingga dapat dipergunakan untuk menjaga kelangsungan hidup dan perkembangannya;
  2. Memberikan bekal dasar dan latihan-latihan yang dilakukan secara benar mengenai kehidupan sehari-hari yang dapat menghantarkan peserta didik untuk berfungsi menghadapi masa depan yang sarat dengan persaingan dan kolaborasi;
  3. Menfasilitasi peserta didik dalam memecahkan permasalahan hidup yang dihadapi sehari-hari atau yang akan dihadapi, misalkan menjaga kesehatan mental dan fisik, mencari nafkah dan memilih serta mengembangkan karir.
  4. Mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya di lingkungan sekolah dengan memberikan pemanfaatan peluang sumber daya masyarakat, sesuai prinsip manajemen berbasis sekolah.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Anwar, Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education), (Bandung : Alfabeta, 2004). Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Strategi Pembekalan Life Skill di SMA., (2004). Chirul Rozak, “Peningkatan Mutu Lewat Life Skill, Prakira Wacana Desentralisasi Pendidikan”, (Buletin LPM Edukasi Quantum, 06 Juni 2005).
Pengertian Pendidikan Berbasis Life Skill 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Pendidikan life skill sebagai pendidikan dapat memberikan bekal ketrampilan yang praktis, terpakai, terkait dengan Pendidikan berbasis life skill adalah kecakapan hidup yang dimiliki oleh seseorang untuk berani menghadapi problema kehidupan secara wajar,...


Advertisement

2 comments:

  1. terimakasih banya mohon ijin copy ya tuk tugas kuliyah,moga bernilai ibadah.amiin

    ReplyDelete
  2. artikelnya sangat bermanfaat. mohon izin,copy ya tuk tugas kuliyah,terimakasih banyak,moga bernilai ibadah.salam sukses selalu,

    ReplyDelete