.

Pengertian Transfusi Darah

 

Secara bahasa, transfusi darah berasal dari bahasa Inggris, yaitu “Blood transfusion”, yang berarti pindah tuang darah. Sedangkan secara terminologi, para ahli banyak membuat definisi tentang transfusi darah, diantaranya yaitu:
Ahmad Sopian, mengatakan bahwa transfusi darah adalah proses pemindahan darah dari seseorang kepada orang lain yang cocok golongan darahnya.
CST. Kansil mengatakan, bahwa transfusi darah adalah tindakan medis memberikan darah kepada penderita, yang darahnya telah tersedia dalam botol atau kantong plastik.
Masfuk Zuhdi mengatakan, bahwa transfusi darah adalah memindahkan darah dari seseorang kepada orang lain untuk menyelamatkan jiwanya
Dari beberapa pengertian transfusi darah tersebut, maka penulis ramu secara umum, bahwa pengertian transfusi darah adalah suatu tindakan memasukkan darah, komponen darah atau plasma kedalam peredaran darah seseorang untuk mempertahankan volume darah, mengoreksi anemia, peredaran darah atau kelainan pembekuan darah.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
S. Wojowasito.WJS, Kamus Lengkap Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris, (Bandung: Hasta,t.th). Ahmad Sopian, Ilmu Perawatan Orang Sakit, (Medan: Sriganda, 1961). CST. Kansil, Pengantar Hukum Kesehatan Indonesia, (Jakarta: Rineka Cipta, 1991).
Pengertian Transfusi Darah 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Masfuk Zuhdi mengatakan, bahwa transfusi darah adalah memindahkan darah dari seseorang kepada orang lain untuk menyelamatkan jiwanya Secara bahasa, transfusi darah berasal dari bahasa Inggris, yaitu “ Blood transfusion ”, yang berarti pindah tuang darah. Sedangkan secara ...


Advertisement
Post a Comment