.

Pengertian Teknologi Informasi

 

Istilah teknologi berasal dari bahasa Yunani “teknologis ”, “technic” berarti seni, keahlian akan sains dan “logos” berarti ilmu. Menurut Everent Rogers teknologi adalah suatu rancangan langkah instrumental untuk memperkecil langkah mengenai hubungan sebab akibat dalam mencapai hasil yang diharapkan. Teknologi pada umumnya mempunyai dua komponen, yaitu perangkat keras yang berupa peralatan elektronik dan perangkat lunak.
Banyak sekali pengertian teknologi, diantaranya menurut J.K Galbraith sebagaimana dikutip oleh Ziauddin Sardar, dia memberikan pengertian teknologi sebagai penerapan sistematis pengetahuan ilmiah atau pengetahuan terorganisasi lainnya pada masalah­-masalah praktis.
Menurut Ahmad Y. Al-Hasan dan Donald R. Hill teknologi adalah ilmu tentang cara menerapkan sains untuk memanfaatkan alam bagi kesejahteraan dan kenyamanan umat manusia.
Sedangkan informasi adalah pesan atau keterangan berupa suara, isyarat atau cahaya yang dengan cara tertentu dapat diterima oleh sasaran, yakni pihak penerima yang dapat berupa mahluk hidup atau mesin.
Informasi hanya salah satu tahapan dalam pengertian komunikasi. Komunikasi merupakan proses melingkar dari penyampai atau sumber, melalui media menyampaikan pesan atau informasi kepada penerima, dan kemudian berbalik menjadi dua arah, sehingga penerima menjadi penyampai. Dalam pengertian informasi proses tersebut hanya berlangsung satu tahap, yaitu dari sumber ke penerima.
Informasi dapat dikatakan sebagai data yang telah terolah. Informasi ini dapat berupa berita, publikasi hasil penelitian dan pengembangan baik program pendidikan atau latihan. Informasi tersebut dapat disimpan dalam bentuk tulisan, suara, gambar mati ataupun gambar hidup. Sehingga informasi akhirnya dapat berupa ilmu dan pengetahuan itu sendiri.
Informasi dapat dipandang sebagai entitas yang dapat dicari, dibangkitkan, diolah, disimpan, disebarluaskan dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, diantaranya adalah dimanfaatkannya teknologi informasi dalam dunia pendidikan. Dalam konteks ini, teknologi informasi didefinisikan sebagai himpunan perangkat bantu untuk bekerja dengan informasi dan memanfaatkannya secara cepat, akurat, efisien dan berkelanjutan.
Ada perbedaan antara teknologi komunikasi dengan teknologi informasi. Teknologi komunikasi mencakup pengertian lebih luas termasuk sistem saluran perangkat keras dan perangkat lunak dari komunikasi modern, dimana teknologi informasi merupakan bagian daripada teknologi komunikasi. Sedangkan ilmuwan lainnya membedakan teknologi informasi sebagai perangkat komputer berikut segala kelengkapannya "tok". Namun bila diamati dengan lebih mendalam bahwa diantara kedua bidang saling berkaitan satu sama lain, bahkan seringkali digunakan untuk menyebut hal yang sama secara bergantian.
Penulis simpulkan secara sederhana, bahwa teknologi informasi diartikan sebagai ilmu yang diperlukan untuk mengelola informasi agar informasi tersebut dapat dicari dan dimanfaatkan dengan mudah dan akurat. Isi dari ilmu tersebut dapat berupa teknik-teknik dan prosedur untuk menyimpan informasi secara efisien dan efektif.
Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Wigrantoro Roes Setiyadi tentang teknologi informasi yaitu teknologi yang digunakan untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menyajikan informasi.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Fatah Syukur NC, Teknologi Pendidikan, (Semarang: Rasail, 2005). J.K. Galbraith, The New Industrial State, (Penguin, 1970). D. Dickson, Alternative Technology and The Politics of Technical Change, (London: Fontana, 1974). Ziauddin Sardar, Sains, Teknologi dan Pembangunan di Dunia Islam, (Bandung: Pustaka, 1989). Ahmad Y. Al-Hasan dan Donald R. Hill, Teknologi dalam Sejarah Islam, terj. Yuliani Liputo, (Bandung: Mizan, 1993). Ensiklopedi Nasional Indonesia, (Jakarta: PT. Delta Pamungkas, 1997). Zulkarnain Nasution, Teknologi Komunikasi dalam Perspektif, (Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1989).
Pengertian Teknologi Informasi 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Wigrantoro Roes Setiyadi tentang teknologi informasi yaitu teknologi yang digunakan untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menyajikan informasi. Istilah teknologi berasal dari bahasa Yunani “ teknologis ” , “ technic” berarti seni, keahlian akan sains dan “ logos ” berarti ilmu. Men...


Advertisement
Post a Comment