.

Pengertian Pengawas Pendidikan

 

Pengawas pendidikan disebut juga dengan supervisor pendidikan. Dalam arti sempit, pengawas berarti orang yang mengawasi. Dalam kamus Inggris-Indonesia, supervisor mempunyai arti pengawas.
Dalam Surat Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara nomor 118/ 1996 dan Keputusan Menteri Agama nomor 381 tahun 1999 dinyatakan, bahwa pengawas sekolah/ pengawas pendidikan agama adalah pegawai negeri sipil yang diberi tugas, tanggung jawab dan wewenang secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pendidikan/ pendidikan agama di sekolah umum dan di madrasah dengan melaksanakan penilaian dan pembinaan dari segi teknis pendidikan dan administrasi pada satuan pendidikan pra sekolah, dasar dan menengah.
Beberapa ahli pendidikan juga memberikan pengertian pengawas pendidikan, antara lain :
  1. Nick Cowell dan Roy Gardner, pengawas pendidikan adalah seorang yang membantu sekolah dan guru untuk menolong para siswanya agar dapat belajar lebih banyak, lebih cepat, dengan senang hati dan dengan lebih mudah dan efisien.
  2. Ary H. Gunawan, pengawas pendidikan adalah orang yang melaksanakan pekerjaan supervisi.
  3. Piet. A. Sahertian dan Frans Mataheru, pengawas pendidikan adalah orang yang berfungsi memberi bantuan kepada guru-guru dalam menstimulasi guru-guru ke arah usaha mempertahankan suasana belajar dan mengajar yang lebih baik.
  4. Soewadji Lazaruth, pengawas pendidikan adalah setiap orang yang membantu atau menolong guru agar situasi belajar mengajar berkembang lebih efektif.
Dari pengertian pengawas pendidikan oleh pakar tersebut, penulis simpulkan bahwa pengertian pengawas pendidikan atau supervisor pendidikan adalah orang yang membantu sekolah, guru dan siswa agar dapat belajar dengan lebih baik.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi kedua, (Jakarta: Balai Pustaka, 1996). John M. Echols dan Hassan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia, (Jakarta: Gramedia, 1993). Departemen Agama RI, Pedoman Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Agama, (Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2003). Nick Cowell dan Roy Gardner, Teknik Mengembangkan Guru dan Siswa Buku Panduan untuk Penilik Sekolah Dasar, (Jakarta: PT Grafindo, 1995).
Pengertian Pengawas Pendidikan 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Beberapa ahli pendidikan juga memberikan pengertian pengawas pendidikan, antara lain : Nick Cowell dan Roy Gardner, Pengawas pendidikan disebut juga dengan supervisor pendidikan. Dalam arti sempit, pengawas berarti orang yang mengawasi. Dalam kamus Inggr...


Advertisement

No comments:

Post a Comment