.

Pengertian Metode Mengajar

 

Mengajar adalah suatu usaha yang sangat kompleks, sehingga sukar menentukan bagaimanakah sebenarnya mengajar yang baik. Guru yang baik menyesuaikan metode mengajar dengan bahan pelajaran.
Pengetian metode mengajar adalah:
“Kata metode mengajar merupakan dua arti. Arti sempit yang dimaksud adalah cara menyampaikan pengetahuan, arti yang lebih luas yaitu memperoleh penngetahuan-pengetahuan dan ditambah pandangan-pandangan, kebiasaan-kebiasaan berpikir dan sebagainya.”
Metode mengajar mempunyai peranan penting dalam proses belajar mengajar, karena itu metode mengajar harus digunakan dan disesuaikan dengan tujuan yang akan dicapai. Tapi yang sering dijumpai adalah segala macam pelajaran diberikan dengan metode ceramah atau metode kuliah, artinya guru berbicara dan murid mendengarkan.
Mengenal metode- metode mengajar dan menerapkannya, belum menjamin hasil belajar yang baik, kalau penggunaannya secara stereotip, artinya menggunakan suatu metode tertentu dalam setiap situasi. Hal ini disebabkan situasi belajar yang senantiasa berlainan. Jadi pemilihan suatu metode harus disesuaikan dengan bahan pelajaran.
Ada beberapa metode mengajar yang dapat dipilih oleh guru, antara lain, metode ceramah, diskusi, kerja kelompok, tanya jawab, eksperimen, karyawisata dan sebagainya.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Shaleh Abdul Aziz Dan Abdul Aziz Abdul Majid, at-Tarbiyah Wa Thuruq Tadris, jilid I (Mesir: t.th). S. Nasution, Didaktik Asas-asas Mengajar, (Bandung: Jemmars, 1982).
Pengertian Metode Mengajar 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Metode mengajar mempunyai peranan penting dalam proses belajar mengajar, karena itu metode mengajar Mengajar adalah suatu usaha yang sangat kompleks, sehingga sukar menentukan bagaimanakah sebenarnya mengajar yang baik. Guru yang baik men...


Advertisement

No comments:

Post a Comment