.

Pengertian Interferensi Retroaktif

 

Interferensi retroaktif merupakan fenomena psikologis, suatu proses yang terjadi dalam kehidupan mental. Interferensi retroaktif berhubungan erat dengan masalah “lupa”. Bagi masyarakat istilah interferensi retroaktif mungkin masih asing. Akan tetapi jika berbicara masalah lupa maka masyarakat langsung faham.
Secara etimologis, kata interferensi retroaktif berasal dari Bahasa Inggris. Interference artinya gangguan. Retroactive berarti berlaku surut. Maka interferensi retroaktif dapat diartikan proses gangguan memori yang berlaku surut. Retro juga berarti mundur, dalam hal ini bahan yang baru dipelajari bekerja mundur dan mengganggu kemampuan mengikat pengalaman atau bahan yang dipelajari di masa lampau. Sehingga interferensi retroaktif berarti bahwa informasi yang baru mengganggu usaha mengingat data yang lalu menjadi sulit.
Menurut Irwanto, interferensi retroaktif diartikan sebagai suatu proses memori di mana informasi yang baru diterima menyebabkan sulitnya mencari informasi yang sudah ada dalam memori. Sedangkan menurut Ngalim Purwanto, interferensi retroaktif adalah peristiwa terdesaknya pelajaran atau isi jiwa yang terdahulu karena terhambat oleh pelajaran yang baru atau isi jiwa yang baru yang disebabkan bahan-bahan yang dipelajari banyak persamaannya.
Ahmad Rofi’ ‘Usmani, mengemukakan bahwa interferensi retroaktif adalah peristiwa melemahnya ingatan kita akan materi-materi yang telah kita pelajari sebelumnya dikarenakan kita belajar materi-materi yang baru, di mana materi yang telah kita pelajari terdapat kesamaan dengan materi yang baru.
Merle J. Moskowitz menyebutkan bahwa retroactive interference is the interference in the recall of learned material by later learning. (interferensi retroaktif adalah gangguan dalam mengingat kembali materi pelajaran terdahulu dikarenakan adanya materi yang dipelajari kemudian).
Senada dengan hal itu, Camille B. Wortman mengemukakan bahwa retroactive interference is when information learned later interferes with information learned earlier. (interferensi retroaktif adalah suatu peristiwa ketika informasi belajar yang kemudian mengganggu informasi belajar yang terdahulu).
Dari beberapa pengertian tentang interferensi retroaktif, penulis simpulkan bahwa secara harfiah interferensi retroaktif berarti gangguan memori yang bekerja mundur sehingga mengganggu kemampuan mengingat bahan pelajaran yang telah lalu. Sedangkan secara istilah interferensi retroaktif berarti peristiwa melemahnya ingatan sebagai akibat dari materi yang baru dipelajari mengganggu atau menghambat pemanggilan kembali materi yang terdahulu dikarenakan bahan-bahan yang dipelajari banyak persamaannya sehingga usaha untuk mengingat materi yang lalu menjadi sulit.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
JP. Chaplin, Kamus Lengkap Psikologi, (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2006). Irwanto, dkk., Psikologi Umum, (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum, 1991). Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000). John M. Echols dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, (Jakarta: PT. Gramedia, 2000). Linda L. Davidoff, Psikologi Suatu Pengantar, (Jakarta : Erlangga, 1998). Ahmad Rofi’ ‘Usmani, Al-Qur’an dan Ilmu Jiwa, (Bandung: Pustaka, 2000). Merle J. Moskowitz, General Psychology, (Boston: Houghton Miffin Company, t.th.).
Pengertian Interferensi Retroaktif 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh penulis simpulkan bahwa secara harfiah interferensi retroaktif berarti gangguan memori yang bekerja mundur Interferensi retroaktif merupakan fenomena psikologis, suatu proses yang terjadi dalam kehidupan mental. Interferensi retroaktif berhubunga...


Advertisement
Post a Comment