.

Pengertian Expository Approach

 

Expository Approach berasal dari gabungan dua kata yakni Expository dan Approach. Secara etimologi Expository berarti memberikan penjelasan dan Approach sendiri berarti pendekatan.
Expository (memberikan penjelasan) sepadan dengan kata Tabyiin yang juga berarti memberikan penjelasan, secara lengkap tabyiinberarti memberi penjelasan lebih jauh kepada lawan bicara setelah ia mengajukan permintaan penjelasan lebih jauh atas pemberitahuan yang di terimanya atau menyampaikan sanggahan atas keterangan yang diterimanya atau menyampaikan sanggahan atas keterangan yang diterimanya karena ingin mendapatkan penjelasan lebih mendalam mengenai obyek pendidikan.
Muhammad Ali al-Khuli dalam Dictionary of Education menjelaskan bahwa Expository Teaching adalah :
(Pengajaran yang dilakukan berdasar penjelasan guru dan penafsiran materi yang dilaksanakan dengan metode tang sistematis tanpa mengga bungkan dengan tanggapan peserta didik)
Pendekatan belajar mengajar sendiri dapat didefinisikan sebagai cara pemrosesan subyek atas obyek untuk mencapai tujuan.
Subyek yang dimaksud disini adalah guru atau pengajar sedangkan obyeknya adalah siswa, pemrosesannya adalah proses belajar mengajar itu sendiri untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Sedangkan menurut Roestiyah dalam bukunya masalah pengajaran sebagai suatu sistem dikatakan bahwa Expository Approach adalah pendekatan cara tradisional yang sering dilakukan, dimana guru menyampaikan informasi kepada siswa. Yang perlu diperhatikan disini adalah istilah tradisional maupun modern, dimana dalam sebuah pendekatan yang digunakan dalam proses belajar mengajar adalah tingkat ketepatan yang menjadi pertimbangan bukan masalah kuno maupun kini.
Senada juga yang diungkapkan oleh Harjanto dalam bukunya Perencanaan Pengajaran "Bentuk Expository (expose) lazim digunakan dalam kuliah-kuliah tradisional, biasanya lebih bersifat satu arah". Sekali lagi disini ditekankan bahwa dalam sebuah pendekataan pembelajaran ketepatan adalah orientasinya. Dari pernyataan Harjanto dapat ditarik sebuah pernyatan bahwa expository approach adalah pendekatan pembelajaran dimana dilaksanakan dengan jalan guru memberikan materi dengan menjelaskan dan siswa menerima.
Dari berbagai pendapat dan pernyataan diatas dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa expository approach adalah cara pemrosesan subyek atas obyek dimana guru memberikan penjelasan tentang materi yang bersangkutan sekaligus bimbingan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Peter Salim, Salim’s Ninth Collegiate English-Indonesian Dictionary, (Modern English Press, Jakarta, tt.h). Sudarsono, Kamus Pendidikan Pengajaran Dan Umum, Rineka cipta, Jakarta, 1994). Muhammad Thalib, Pendidikan Islami Metode 30T, (Baitul Irsyad Baitus Salam, Bandung, 1996). Muhammad Ali al-Khuli, Dictionary Of Education English-Arabic, (Dar Elilm Lil Malayin, Beirut, Libanon, t.th).
Pengertian Expository Approach 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Expository Approach adalah pendekatan cara tradisional yang sering dilakukan, dimana guru menyampaikan informasi kepada siswa. Expository Approach berasal dari gabungan dua kata yakni Expository dan Approach . Secara etimologi Expository berarti memberikan penjelas...


Advertisement
Post a Comment