.

Pengertian Analisis Wacana

 

Analisis wacana adalah salah satu alternatif dari analisis isi, selain analisis isi kuantitatif yang dominan dan banyak dipakai. Jika analisis isi kuantitatif lebih menekankan pada pertanyaan “apa” (what), analisis wacana lebih melihat pada “bagaimana” (how) dari pesan atau teks komunikasi. Lewat analisis wacana kita bukan hanya mengetahui apa isi teks berita, tetapi juga bagaimana pesan itu disampaikan lewat kata, frasa, kalimat, metafora macam apa suatu berita disampaikan. Dengan melihat bangunan struktur kebahasaan tersebut, analisis wacana lebih bisa melihat makna yang tersembunyi dari suatu teks.
Wacana sendiri adalah istilah yang dipakai oleh berbagai disiplin ilmu mulai dari politik, sosisologi, linguistik, serta psikologi, komunikasi dan sebagainya. Setiap dispilin ilmu tersebut terkadang berbeda dalam konsepsi dan pendekatan yang dipakai.(baca pengertian wacana)
Dalam lapangan sosiologi, wacana adalah unit bahasa yang lebih besar dari kalimat. Analisis wacana dalam studi linguistik ini merupakan reaksi dari bentuk linguistik formal yang lebih memperhatikan pada unit kata, frase, atau kalimat tanpa melihat keterkaitan di antara unsur tersebut.
Analisis wacana dalam lapangan psikologi sosial, diartikan sebagai pembicaraan. Wacana yang dimaksud agak mirip dengan struktur dan bentuk wawancara dan praktik dari pemakainya. Sementara dalam lapangan politik, analisis wacana adalah praktik pemakaian bahasa, terutama politik bahasa karena bahasa adalah aspek sentral dari penggambaran suatu subjek, dan lewat bahasa ideologi terserap di dalamnya, maka aspek inilah yang dipelajari dalam analisis wacana.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Eriyanto. Analisis Wacana, Pengantar Analisis Teks Media. (Yogyakarta: LKiS, 2001). Bagus, Lorens. Kamus Filsafat. (Jakarta: Gramedia, 1996).
Pengertian Analisis Wacana 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Analisis wacana dalam lapangan psikologi sosial, diartikan sebagai pembicaraan. Wacana yang dimaksud agak mirip dengan struktur Analisis wacana adalah salah satu alternatif dari analisis isi, selain analisis isi kuantitatif yang dominan dan banyak dipakai. Jika anali...


Advertisement

No comments:

Post a Comment