.

Model Pembelajaran Learning Cycle 5E

 

Model pembelajaran Learning Cycle 5E merupakan salah satu model pembelajaran yang berbasis pendekatan konstruktivistik. Dalam pembelajaran konstruktivistik peserta didik harus berpikir kritis, menganalisis, membandingkan, menggeneralisasi, menyusun hipotesis hingga mengambil kesimpulan dari masalah yang ada, sedangkan guru berperan sebagai fasilitator dan motivator belajar peserta didik, menata lingkungan belajar peserta didik agar dapat melakukan kegiatan belajar mengajar sebaik-baiknya.
Menurut Lorsbach sebagaimana dikutip dalam Made Wena, Learning Cycle 5E, terdiri atas lima fase yaitu fase yang kemudian menjadi kepanjangan dari 5E, yaitu; (a) pembangkit minat (engagement), (b) eksplorasi (exploration), (c) penjelasan (explanation), (d) elaborasi (elaboration/ extention), dan (e) evaluasi (evaluation).
Model pembelajaran Learning Cycle 5E, adalah model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengoptimalkan cara belajar dan mengembangkan daya nalar peserta didik. Learning Cycle 5E merupakan suatu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centered).
Model pembelajaran Learning Cycle 5E, merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan (fase) yang diorganisasi sedemikian rupa, sehingga peserta didik dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan jalan berperan aktif.
Implementasi Learning Cycle 5E dalam pembelajaran, menempatkan guru sebagai fasilitator yang mengelola berlangsungnya fase-fase tersebut mulai dari perencanaan (terutama perangkat pembelajaran), pelaksanaan (terutama pemberian pertanyaan-pertanyaan arahan dan proses pembimbingan), dan evaluasi.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Mustaqim, Psikologi Pendidikan, (Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, 2009). Heruman, Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007).
Model Pembelajaran Learning Cycle 5E 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Implementasi Learning Cycle 5E dalam pembelajaran menempatkan guru sebagai fasilitator yang mengelola berlangsungnya fase-fase tersebut Model pembelajaran Learning Cycle 5E merupakan salah satu model pembelajaran yang berbasis pendekatan konstruktivistik. Dalam pembelajaran...


Advertisement
Post a Comment