.

Metode Pembelajaran Ekspositori

 

Metode pembelajaran ekspositori adalah cara kerja pendidik atau subyek memproses obyek sehingga mencapai tujuan pembelajaran. Dalam menggunakan metode pembelajaran, dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:
  1. Pelajar, atau petatar (yang berbagai-bagai tingkat kematanganya).
  2. Tujuan (yang berbagai-bagai jenis dan fungsinya)
  3. Situasi (yang berbagai-bagai keadaannya)
  4. Fasilitas (yang berbagai-bagai kualitas dan kuantitasnya)
  5. Pengajar, petatar, atau guru (yang pribadi serta kemampuan profesionalnya berbeda-beda)
Faktor-faktor tersebut, harus diperhatikan untuk pencapaian tujuan yang diharapkan serta lancarnya proses belajar mengajar, faktor-faktor tersebut diatas merupakan sebuah sistem, dimana satu dengan yang lain tidak dapat dipisahkan dalam kerjanya.
Metode mengajar bersifat fleksibel dan sangat tergantung denga berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan, dengan kata lain dapat diistilahkan “No single method is the best”, tidak ada satu metode yang terbaik, yang ada adalah metode yang sesuai.
Dalam sebuah materi bukan hanya dapat menggunakan sebuah metode saja, namun dapat menggunakan dua buah metode bahkan lebih, dengan cara dikombinasikan ataupun dengan cara digunakan secara berurutan satu persatu. Dengan kata lain tidaklah berarti bahwa dalam praktek masing-masing metode berdiri sendiri.
Kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan dengan pendekatan ekspositori (expository approach) bersifat menerima, baik dalam tahap perencanaan maupun pada waktu pelaksanaan proses belajar mengajar, dalam pendekatan ini guru berperan lebih aktif, banyak melakukan aktivitas bila dibandingkan dengan aktivitas yang dilakukan oleh siswa.
Gurulah yang mengelola dan mempersiapkan bahan ajaran secara tuntas lalu menyampaikan kepada siswa, sebaliknya para siswa berperan lebih pasif tanpa banyak melakukan kegiatan pengolahan bahan, karena menerima bahan ajaran yang diberikan oleh guru.
Metode pembelajaran yang digunakan dalam pendekatan ekspositori adalah metode ceramah, dan demonstrasi.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
W.S. Winkel SJ., M. Sc., Psikologi Pengajaran, (Grasindo, Jakarta, 1996). H.M. Chabib Toha, MA., Kapita Selekta Pendiidkan Agama Islam, (Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1996). Winarno Surakhmad, Pengantar Interaksi Mengajar-belajar, Tarsito, Bandung, 1994). H.M. Chabib Toha, & Abdul Mu’ti, PBM-PAI disekolah, Eksistensi, dan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam, (Pustaka Pelajar, Yogyakarta).
Metode Pembelajaran Ekspositori 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Metode pembelajaran ekspositori adalah cara kerja pendidik atau subyek memproses obyek sehingga mencapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran ekspositori adalah cara kerja pendidik atau subyek memproses obyek sehingga mencapai tujuan pembelajaran. Dalam menggun...


Advertisement
Post a Comment