.

Faktor Penyebab Impotensi

 

Faktor penyebab impotensi secara garis besar disebabkan oleh dua hal, yakni faktor fisik dan faktor psikis.
Faktor Fisik
Dari hasil penelitian para seksiologi selama sepuluh tahun terakhir, diketahui bahwa faktor penyebab impotensi fisik lebih mempengaruhi sebagai pemicu timbulnya impotensi, antara lain:
  1. Gangguan Kesehatan.
  2. Kebiasaan Merokok.
  3. Kurang Berolahraga.
  4. Faktor Genetika.
  5. Kelainan Syaraf.
  6. Usia Lanjut.
  7. Pengkonsumsian Obat Terlarang.
  8. Kastraksi (pembuangan kelenjar pada kelamin).
  9. Kelainan Pada Organ Tubuh.
  10. Pengaruh Radio Terapi.
Faktor Psikis
Menurut penyelidikan para psikoterapi seorang pria pada tingkat penyakit tertentu dapat menyebabkan gangguan fungsi seksual. Faktor penyebab impotensi yang disebabkan oleh adanya gangguan penyakit cenderung dapat dipulihkan setelah penyakit tersebut disembuhkan.
Adapun beberapa faktor penyebab impotensi psikis antara lain:
  1. Perasaan takut. Banyak ragam takut yang memicu timbulnya impotensi, seperti takut ketahuan karena sudah pernah berselingkuh, berzina, masturbasi, takut tertular penyakit kelamin.
  2. Kegagalan mencapai kepuasan coitus pertama. Pada saat pertama kali melakukan hubungan seks, perasaan takut atau gugup dapat mengakibatkan tidak tercapainya kenikmatan dan kepuasan. Kegagalan dan pengalaman pertama mendorong untuk melakukan hasrat nafsunya lewat masturbasi. Mereka menganggap dirinya tidak mampu untuk melakukan kegiatan seksual secara normal.
  3. Tegang, gelisah, stress dan depresi. Masalah pekerjaan, keuangan, keluarga dan lain-lainnya dapat memicu ketegangan dan kegelisahan dalam kehidupan sehari-hari, yang untuk selanjutnya berakibat kepada keperkasaan pria. Hal ini ditandai dengan tidak dapat berereksi di hadapan pasangannya. Dan hal tersebut akan menimbulkan pertanyaan apakah dirinya mampu melakukan ereksi dengan baik untuk hubungan selanjutnya. Apabila gagal lagi, maka pria itu akan terbebani oleh tekanan dan kegelisahan.
  4. Perceraian. Pada seorang pria yang bercerai akan merasa kesepian dan keinginan untuk menyalurkan hasrat seksnya pada wanita lain seringkali terhambat, karena ada rasa cemas akan kemampuannya untuk mencapai ereksi lagi. Dia merasa malu, cemas, gelisah, gugup dan tidak percaya diri.
  5. Cinta dan perselingkuhan. Perselingkuhan yang dilakukan oleh isteri atau suami dapat mengakibatkan hasrat seksual pasangan sahnya akan menurun atau bahkan tidak berhasrat lagi. Suami atau isteri yang sudah pernah berselingkuh dan melakukan senggama akan dihantui rasa takut ketahuan, takut tertular atau menularkan penyakit kelamin, jijik, perasaan benci atau yang lainnya yang dapat membuat salah satunya menderita seksualitas.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Hembing Wijaya Kusuma, Mengatasi Impotensi Secara Efektif dan Alamiah, (Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 1997). David Blend, Problematik Seksual, Editor William A. R Thomson, (Leaving Stone Ltd. Lowden: t.th).
Faktor Penyebab Impotensi 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh para seksiologi selama sepuluh tahun terakhir, diketahui bahwa faktor penyebab impotensi fisik Faktor penyebab impotensi secara garis besar disebabkan oleh dua hal, yakni faktor fisik dan faktor psikis. Faktor Fisik Dari hasil pe...


Advertisement
Post a Comment