.

Alat Reproduksi Manusia

 

Secara alamiah manusia memiliki tugas reproduktif, berkembang biak menjaga kelestarian kehidupan spesies manusia. Untuk menjalankan tugas tersebut manusia baik laki-laki maupun perempuan dilengkapi dengan alat-alat reproduktif. Sehingga manusia mampu berkembang biak (menghasilkan keturunan) dan melaksanakan tugas sebagai pemimpin di muka bumi.
Alat reproduksi perempuan terbagi menjadi dua bagian yaitu alat-alat reproduksi dalam dan bagian luar. Alat reproduksi perempuan bagian dalam terletak di bawah perut dan di dalam rongga panggul, yang terdiri dari:
  1. Liang senggama/ kemaluan (vagina). Merupakan rongga penghubung antara rahim dan bagian luar tubuh. Lubang vagina ditutupi oleh selaput dara (hymen) yaitu jaringan tipis berbentuk cincin.
  2. Mulut rahim (serviks) bagian pangkal dari rahim yang menyambungkan rahim dengan liang senggama. Dalam keadaan normal mulut rahim terbuka sangat kecil dan akan terbuka lebar pada saat kelahiran bayi.
  3. Rahim (uterus) tempat bersarangnya janin. Sebelum kehamilan besar rahim seperti mangga kecil dengan panjang 9 cm dan berat 60 gram.
  4. Saluran telur (tuba fallopi) yaitu dua buah saluran yang panjangnya 10 cm dan terletak di sebelah kanan kiri rahim dan merupakan saluran penghubung antara ovarium dengan rongga rahim.
  5. Indung telur (ovarium) terletak di kanan-kiri rahim yang berfungsi memproduksi sel telur setiap hari secara bergantian. Indung telur berfungsi memulai tugasnya saat seorang anak perempuan mulai menstruasi. Selain itu, indung telur juga memproduksi hormon estrogen dan hormon progesteron.
  6. Sel telur (ovum) merupakan produk alat reproduksi wanita yang mempunyai garis tengah 0,2 mm. Lama daya tahan sel telur untuk dapat dibuahi di saluran telur kurang lebih 24 jam.
Sebagaimana alat-alat reproduksi perempuan, alat reproduksi laki-laki juga terdiri dari dua bagian yaitu bagian luar dan bagian dalam. Adapun alat reproduksi laki-laki bagian luar adalah:
  1. Zakar (penis) adalah alat reproduksi yang membawa cairan mani berikut sperma ke dalam liang senggama.
  2. Kantong zakar (skrotum) yaitu lipatan kulit berbentuk kantung yang membungkus testis.
Sedangkan alat-alat reproduksi laki-laki bagian dalam adalah :
  1. Buah zakar (testis) berjumlah sepasang dan terletak di kanan kiri, bentuknya bulat lonjong dan mengggantung pada pangkal penis (terletak dalam skrotum). Testis berfungsi sebagai penghasil sel kelamin pria atau sel mani dan memproduksi hormon androgenik khususnya testosteron. Pada saat ejakulasi seorang laki-laki dapat melepaskan 100-3000 juta sperma. 
  2. Epidimis yaitu anak buah zakar (anak buah pelir) yang terletak di sisi belakang masing-masing buah zakar dan berfungsi mematangkan sperma.
  3. Saluran mani (vas deferens) yaitu saluran untuk mengeluarkan air mani yang pada bagian penis akan bergabung dengan saluran air seni. Pada saat air mani dikeluarkan secara otomatis katup pada kandung kemih akan tertutup.
  4. Kelenjar prostat menghasilkan cairan yang bersifat basah dan berfungsi untuk mempertahankan kehidupan sperma.
  5. Saluran kencing (uretha) saluran ini berfungsi untuk mengeluarkan air seni dan air mani tetapi tidak bersamaan. Di samping alat reproduksi bagian luar dan dalam pada laki-laki terdapat pula yang disebut produk alat reproduksi (air mani/semen) dan sel mani (spermatozoa).
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Soekidjo Notoatmodjo, Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003).
Alat Reproduksi Manusia 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Alat reproduksi perempuan terbagi menjadi dua bagian yaitu alat-alat reproduksi dalam dan bagian luar. Secara alamiah manusia memiliki tugas reproduktif, berkembang biak menjaga kelestarian kehidupan spesies manusia. Untuk menjalankan tugas t...



Advertisement

No comments:

Post a Comment