.

Perbedaan Seni Lukis dan Seni Gambar

 

Terkadang terjadi kesimpangsiuran antara pengertian seni lukis dan seni gambar. Lukisan dan gambar tidak bisa dibedakan dengan sekedar memilahkan material yang digunakan. Tetapi lebih jauh lagi untuk memilahkan keduanya memerlukan pertimbangan estetik, latar belakang pembuatan karya, dan sebagainya.
Secara sepintas seni gambar merupakan seni lukis yang menonjolkan unsur garis sedangkan seni lukis sendiri lebih menonjolkan pada warna. Namun pada penerapan dan perkembangan seni gambar pada kurun selanjutnya mengabaikan pendapat tersebut, dan seni gambar bukan lagi sebagai karya ilustrasi, bahkan kini seni gambar menggunakan medium seperti yang berlaku pada seni lukis.
Seni gambar pada tingkat yang paling sederhana, adalah dasar bagi segala hal. Dalam seni gambar ternyata berdiri sebagai fakta kasat mata yang memperlihatkan pikiran dan rencana seniman di setiap wilayah kreatifitasnya.
Sebagai karya seni yang utuh dan berdiri sendiri. Pada fungsi ini gambar telah memperlihatkan kelengkapan pernyataan seniman. Perlakuan gambar pada fungsi ini kadang kerap pula dipadu dengan inovasi tehnik lainnya, ketika gambar berpadu dengan cerita (sastra) maka disebut komik. Terakhir adalah gambar berfungsi sebagai media studi yang melandasi pekerjaan berikutnya seperti lukis, patung, artsitektur, ilmu pengetahuan dan lain-lainnya.
Pada mulanya seni gambar merupakan karya ilustrasi, yaitu untuk menerangkan atau memberi keterangan terhadap orang lain. Menggambar merupakan medium untuk mencapai simbol figuratif dalam pencapaian bentuk seni lukis atau dengan kata lain seni lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari gambar.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Sanento Yuliman, Dua Seni Rupa, (Jakarta: Kalam, 2001). Dharsono Sony Kartika, Seni Rupa Modern, (Bandung, Rekayasa Sains, 2004). Sulebar M. Sukarman, “Berbagai Pengalaman Kreatif”, dalam Katalog Pameran Tunggal II Ari Setiawan (Berbagai Pengalaman Kreatif, (Semarang: Museum Ronggowarsito, 28 Nov-2 Des, 2005). Soegeng TM. Ed, Pengantar Apresiasi Seni Rupa, (Surakarta : ASKI, 1987).
Perbedaan Seni Lukis dan Seni Gambar 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Terkadang terjadi kesimpangsiuran pengertian antara seni lukis dan seni gambar. Lukisan dan gambar tidak bisa dibedakan dengan sekedar Terkadang terjadi kesimpangsiuran antara pengertian seni lukis dan seni gambar. Lukisan dan gambar tidak bisa dibedakan dengan sekedar mem...

Gunakan Browser Super Kencang Gratis, Klik di Sini


Advertisement

No comments:

Post a Comment