.

Pengertian Promosi

 

Banyak sekali pengertian promosi, hampir setiap orang mengartikan istilah promosi secara berlainan tetapi intinya mempunyai maksud yang sama, sejumlah pengertian promosi tentunya sangat berguna dalam memandang promosi secara luas.
Dalam penggunaan biasa, pengertian promosi adalah semua yang dilakukan untuk membantu penjualan suatu produk atau jasa di tiap tempat jaringan penjualan, mulai dari bahan-bahan presentasi yang digunakan seorang tenaga penjualan ketika melalui penawaran hingga siaran niaga televisi atau iklan di surat kabar yang mencoba memikat pelanggan agar memperoleh kesan yang menyenangkan terhadap apa yang di iklankan.
Berikut ini adalah beberapa pengertian promosi lainnya yang dikemukakan oleh beberapa pakar:
Menurut Basu Swastha dalam Alo Liliveri, pengertian promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran
Menurut Fred E. Halim dan Kenneth G. Mangun, pengertian promosi adalah kegiatan mengkomunikasikan informasi dari penjual kepada pembeli atau pihak lain dalam saluran untuk mempengaruhi sikap dan prilaku
Menurut Mursidi dalam Renaldi Kasali, pengertian promosi adalah komunikasi yang persuasif, mengajak, mendesak, membujuk dan meyakinkan
Menurut Nuradi dkk, pengertian promosi adalah usaha komunikasi yang menjambatani kesenjangan antara produsen dan konsumen. Usaha komunikasi tersebut dapat dibagi dalam bagian-bagian yang terdiri atas periklanan publisitas, Humas, dan proyek-proyek khusus seperti door to door (pintu ke pintu), direct mail (iklan pos langsung), sampling (percontoh).
Dapat disimpulkan bahwa promosi merupakan sebuah usaha memberitahu tentang suatu objek atau produk kepada pasar (konsumen). Itu sebabnya sering disebut komunikasi marketing. Komunikasi marketing bentuknya bisa bermacam-macam, tergantung dari sejauh mana rencana dan keinginan kita untuk memperkenalkan objek atau produk yang kita tawarkan kepada pasar.
Untuk mengkomunikasikan informasi dikenal sebagai aktivitas promotion, Promotion merupakan bagian yang sangat penting karena dengan menggunakan media inilah dapat mengkaitkan hubungan antara penjual dan pembeli dengan harapan bahwa para konsumen yakin penjual memiliki sesuatu yang ditawarkan baik itu produk atau jasa yang mereka butuhkan.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Alo Liliveri, Dasar-Dasar Komunikasi Periklanan, (Citra Aditya Bakti; Bandung, 1992). Rhenald Kasoli, Manajemen Periklanan – Konsep dan Aplikasinya di Indonesia, (Pustaka Utama Grafiti;Jakarta, 1995). Fred E. Halim dan Kenneth G. Mangun, Do-it-Your-Self Advertising and Promotion – Beriklan dan Berpromosi Sendiri, (Grasindo – Jakarta, 1999).
Pengertian Promosi 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Untuk mengkomunikasikan informasi ini ada suatu aktivitas yang dikenal sebagai aktivitas promotion, Banyak sekali pengertian promosi, hampir setiap orang mengartikan istilah promosi secara berlainan tetapi intinya mempunyai maksud yang sam...


Advertisement

No comments:

Post a Comment