.

Pengertian Komunikasi

 

Istilah komunikasi berasal dari bahasa latin yaitu communications asal kata dari communis yang berarti sama. Komunikasi berarti proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan. Tujuannya adalah mengubah sikap, mengubah opini, mengubah perilaku dan mengubah masyarakat. Sedangkan fungsi komunikasi adalah menginformasikan, mendidik, menghibur dan mempengaruhi.
Adapun pengertian komunikasi menurut para ahli diantaranya pendapat Benard Benelson dan Gary A. Stainer dalam bukunya Human Behavior, mendefinisikan bahwa komunikasi adalah penyampaiaan informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan mengunakan lambang-lambang atau kata-kata, gambar, bilangan, grafik dan lain-lain. Kegiatan atau proses penyampaiannya biasanya dinamakan komunikasi.
Ada beberapa kondisi yang mempengaruhi jika kita menginginkan komunikasi ditanggapi sesuai kehendak, yaitu :
  1. Pesan harus dirancang dan disampaikan sedemikian rupa, sehingga dapat menarik perhatian komunikan.
  2. Pesan harus menggnakan lambang-lambang tertuju kepada pengalaman yang sama antara komunikan dan komunikator, sehingga sama-sama mengerti.
  3. Pesan harus membangkitkan kebutuhan pribadi komunikan dan menyarankan beberapa cara untuk memperoleh kebutuhan tersebut.
  4. Pesan harus menyarankan suatu jalan untuk memperoleh kebutuhan tadi yang layak bagi situasi kelompok dimana komunikan berada pada saat ia digerakkan untuk memberikan tanggapan yang dikehendaki.
Dari pengertian komunikasi itulah kemudian melahirkan pengertian beragam sesuai dengan fungsi dan sasaran komunikasi itu sendiri. Salah satu diantaranya adalah komunikasi massa
Komunikasi massa, merupakan bentuk komunikasi yang menggunakan saluran (media) dalam menghubungkan komunikator dan komunikan secara massal, berjumlah banyak, bertempat tinggal yang jauh (terpencar) sangat heterogen, dan menimbulkan efek tertentu.
Pengertian komunikasi massa yang lebih sederhana yakni pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Wiranata I.G. Antropologi Budaya. (Bandung : PT. Citra Aditya Bakti. 2002). Liliveri Alo Dasar-Dasar Komunikasi Periklanan, (Citra Aditya Bakti - Bandung, 1992)
Pengertian Komunikasi 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Dari pengertian komunikasi itulah kemudian melahirkan pengertian beragam sesuai dengan fungsi dan sasaran komunikasi itu sendiri. Salah satu diantaranya adalah komunikasi massa Istilah komunikasi berasal dari bahasa latin yaitu communications asal kata dari communis yang berarti sama. Komunikasi berarti proses pe...


Advertisement

No comments:

Post a Comment