Skip to main content

Model Pembelajaran Reading Guide

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: November 23, 2012

Model pembelajaran Reading Guide adalah model yang memandu peserta didik untuk membaca panduan yang disiapkan oleh guru sesuai dengan materi yang akan diajarkan dengan waktu yang sudah ditentukan, disisi lain guru juga akan memberi pertanyaan yang membahas seputar materi yang telah dibaca peserta didik.
Dengan model pembelajaran Reading Guide, diharapkan dapat tercipta pembelajaran yang kondusif. Model pembelajaran Reading Guide, bertujuan untuk membantu peserta didik lebih terfokus dan mudah dalam memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru.
Melihat dari faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar, salah satunya adalah perhatian peserta didik dalam pembelajaran, maka model pembelajaran Reading Guide memfokuskan perhatian peserta didik supaya dapat berkonsentrasi penuh dan mudah memahami pelajaran yang di sampaikan oleh guru. Konsentrasi berarti memusatkan perhatian kepada situasi belajar tertentu. Menghimpun dan mencurahkan segenap daya mental untuk mempelajari sesuatu berarti merupakan belajar yang sebenarnya. Makin kuat konsentrasi, makin efektiflah belajar itu.
Langkah-langkah penerapan model pembelajaran Reading Guide sebagai berikut :
  1. Guru menentukan bacaan yang akan dipelajari oleh peserta didik
  2. Guru membuat pertanyaan-pertanyaan yang dapat diisi oleh peserta didik dari bahan bacaan yang telah dipilih tadi
  3. Guru membagi bahan bacaan dengan pertanyaan kepada peserta didik
  4. Guru memerintahkan peserta didik untuk mempelajari bahan bacaan tersebut dengan menggunakan pertanyaan yang ada. Guru juga membatasi aktivitas tersebut sehingga tidak menghabiskan waktu yang berlebihan
  5. Guru membahas pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan menanyakan jawaban kepada peserta didik
  6. Pada akhir pembelajaran guru memberi ulasan atau penjelasan secukupnya.
  7. Guru melakukan kesimpulan, klarifikasi, dan tindak lanjut
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Ismail SM, Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM,(Semarang: Rasail Media Group, 2008). Departemen Agama RI, Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Dirjen Binbaga Islam, 2001). Hisyam Zaini, dkk, Strategi Pembelajaran Aktif, (Yogyakarta: Pustaka Insani Madani, 2008).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar