.

Kebebasan Manusia menurut Muhammad Iqbal

 

Kebebasan manusia menurut Muhammad Iqbal diawali dengan konsep Ego dengan berpangkal pada konsep intuisi. Bahwa adanya ego yang berpusat, bebas, dan imortal bisa diketahui secara langsung lewat intuisi.
Meskipun demikian, intuisi ini hanya dapat berlangsung pada saat manusia mengambil keputusan. kegiatan pengambil keputusan ini manusia “Aku” harus memutuskannya, keputusan itu bukan karena intuisi agama menghendakinya, atau rasionalitas yang menghendakinya, bahkan Tuhan sekalipun, melainkan aku yang menghendakinya. Artinya kebebasan manusia dalam menentukan sikap manusia secara pribadi itu mutlak.
Kebebasan manusia menurut Muhammad Iqbal, terkait dengan bertitik tolak pada konsep ego. Bahwa manusia merupakan kesatuan jiwa dan tubuh yang sering disebut dengan “diri”, sedang identitas manusia ada pada individualitas yang mempunyai kesadaran dan kebebasan.
Kebebasan manusia menurut Muhammad Iqbal adalah kebebasan eksistensial. Kebebasan eksistensial adalah kebebasan menyeluruh yang menyangkut seluruh kepribadian manusia. Kebebasan tersebut mencakup seluruh kehidupan manusia dan tidak terbatas pada salah satu aspek tertentu saja. Dalam hal ini Muhammad Iqbal menjelaskan
“Unsur bimbingan dan pengawasan dalam aktifitas ego dengan jelas memperlihatkan bahwa ego itu merupakan suatu kausalitas pribadi yang bebas. Ia turut mengambil bagian dalam kehidupan dan kebebasan Diri Mutlak yang dengan membolehkan munculnya diri yang berkesudahan yang sanggup berprakarsa sendiri, telah membatasi kebebasan ini atas kemauan bebas-Nya sendiri."
Dari penjelasan tersebut, tampak bahwa kebebasan manusia menurut Muhammad Iqbal, tidak semata-mata bebas tanpa batas, justru dalam kebebasan manusia tersebut terdapat ketidakbebasan, karena dalam kebebasan akan berhadapan dengan situasi yang tidak dapat kita capai.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Hawasi, Eksistensialisme Muhammad Iqbal, (Wedatama Widya Sastra, Jakarta, 2003).
Kebebasan Manusia menurut Muhammad Iqbal 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Kebebasan manusia menurut Muhammad Iqbal, terkait dengan bertitik tolak pada konsep ego. Bahwa manusia merupakan kesatuan jiwa dan tubuh yang sering disebut dengan “diri”, Kebebasan manusia menurut Muhammad Iqbal diawali dengan konsep Ego dengan berpangkal pada konsep intuisi. Bahwa adanya ego yang berpusat, b...


Advertisement
Post a Comment