.

Biografi Ahmad Musthafa al-Maraghi

 

Ahmad Musthafa al-Maraghi adalah seorang ahli tafsir terkemuka dari kebangsaan Mesir, ia murid dari syekh Muhammad Abduh. Nama lengkap Ahmad Musthafa al-Maraghi adalah Ibnu Mustofa Ibnu Muhammad Ibnu Abdul Mun’im al-Maraghi. Dilahirkan pada tahun 1881 M (1298 H) di sebuah kampung di negara Mesir yang disebut dengan nama Maragah dan kepada dusun tempat kelahirannya itulah namanya dihubungkan.
Setelah beranjak dewasa, Ahmad Musthafa al-Maraghi pindah ke Kairo untuk mendalami berbagai cabang ilmu keislaman dan dia juga sempat berguru kepada Syekh Muhammad Abduh, seorang ulama yang tidak asing lagi bagi kaum muslimin. Setelah menguasai dan mendalami cabang-cabang ilmu keislaman, dia mulai dipercaya oleh pemerintahnya untuk memegang jabatan yang penting dalam pemerintahan.
Pada tahun 1908 sampai dengan tahun 1919, Ahmad Musthafa al-Maraghi diangkat menjadi seorang hakim di Sudan. Sewaktu dia menjadi hakim negeri tersebut dia sempatkan dirinya untuk mempelajari dan mendalami bahasa-bahasa asing antara lain yang ditekuninya adalah bahasa Inggris. Dari bahasa Inggris dia banyak membaca literature-literatur bahasa Inggris.
Ahmad Musthafa al-Maraghi adalah seorang ulama yang sangat produktif dalam menyampaikan pemikirannya lewat tulisan-tulisannya yang terbilang sangat banyak. Karya al-Maraghi di antaranya adalah: Ulum al-Balagah, Hidayah at-Talib, Tahzib at-Taudih, Tarikh ’Ulum al-Balagah wa Ta’rif bi Rijaliha, Tafsir al-Maraghi
Tafsir al-Maraghi terkenal sebagai sebuah kitab tafsir yang mudah dipahami dan enak dibaca. Hal ini sesuai dengan tujuan pengarangnya, seperti yang diceritakan dalam muqaddimahnya yaitu untuk menyajikan sebuah buku tafsir yang mudah dipahami oleh masyarakat muslim secara umum. Ahmad Musthafa al-Maraghi meninggal dunia pada tahun 1952 M (1317 H).
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Dewan Redaksi IAIN Syarif Hidayatullah, Ensiklopedi Islam Indonesia, (Jakarta: Djambatan, 1992). Departemen Agama RI, Ensiklopedi Islam di Indonesia,(Jakarta: Proyek Peningkatan Sarana dan Prasarana, 1993). Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam, (Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 1993).
Biografi Ahmad Musthafa al-Maraghi 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Ahmad Musthafa al-Maraghi adalah seorang ulama yang sangat produktif dalam menyampaikan pemikirannya lewat tulisan-tulisannya Ahmad Musthafa al-Maraghi adalah seorang ahli tafsir terkemuka dari kebangsaan Mesir, ia murid dari syekh Muhammad Abduh. Nama lengkap Ahma...

Gunakan Browser Super Kencang Gratis, Klik di Sini


Advertisement

No comments:

Post a Comment