.

Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ)

 

Salah satu strategi belajar yang terkait dengan apresepsi, adalah strategi LSQ (Learning Start With A Question). Strategi Learning Start With A Question adalah suatu strategi pembelajaran dimana proses belajar diarahkan siswa aktif dalam bertanya sebelum mendapatkan penjelasan tentang materi yang akan dipelajari dari guru sebagai pengajar. Salah satu cara untuk membuat siswa belajar secara aktif adalah dengan membuat mereka bertanya tentang materi pelajaran sebelum ada penjelasan dari pengajar. Strategi ini dapat memberikan stimulus siswa untuk mencapai kunci belajar, yaitu bertanya.
Langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran Learning Start With A Question, adalah:
  1. Guru memilih bahan bacaan yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari. Lalu mendistribusikan kepada siswa dalam sebuah hand out materi pelajaran pilihan. Kunci pemilihan materi adalah kebutuhan untuk merangsang pertanyaan bagi siswa. Hand out yang dibagikan dapat berisi informasi yang luas tapi kurang detail atau penjelasan yang dibatasi sangatlah sesuai. Teks yang terbuka untuk interpretasi juga dapat dipilih untuk memberikan stimulus rasa ingin tahu siswa.
  2. Guru meminta siswa untuk mempelajari bacaan secara individual ataupun dengan teman yang lain.
  3. Saat membaca, siswa memberi garis bawah,. Hal itu bertujuan agar siswa mengetahui kata-kata penting, sehingga secara otomatis siswa akan melakukan information search, dari beberapa sumber karena rasa ingin tahu terhadap materi yang tidak mereka pahami.
  4. Siswa dapat meringkas atau membuat catatan dari hasil membaca. Hal ini bertujuan untuk mengetahui materi yang perlu dihafal atau dikaji ulang.
  5. Siswa membuat pengertian hand out sebanyak mungkin dan identifikasi apa yang mereka tidak mengerti, dengan cara memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami.
  6. Guru meminta siswa untuk membahas poin yang mereka belum pahami dengan pasangan belajar dari teman yang lain.
  7. Guru menjawab pertanyaan siswa tentang poin-poin yang tidak dipahami oleh siswa dan sebaliknya, guru dapat memberikan pertanyaan kepada siswa untuk menstimulasi keaktifan siswa selama KBM berlangsung.
Teknik bertanya dalam Strategi pembelajaran Learning Start With A Question, merupakan cara yang digunakan oleh guru untuk mengajukan sejumlah pertanyaan kepada siswanya dengan memperhatikan karakteristik dan latar belakang siswa. Dengan mengajukan pertanyaan yang menantang, siswa akan terangsang untuk berimajinasi sehingga dapat mengembangkan gagasan-gagasan barunya yang berisi tentang informasi yang lengkap.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Marno dan M. Idris, Strategi dan Metode Pengajaran, (Yogyakarta: Ar-Ruz Media Group, 2008). Martinis Yamin, Kiat Membelajarkan Siswa, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2007). Hamzah B. Uno, Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008). Hisyam Zaini, Strategi Pembelajaran Aktif, (Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008). Hamruni, Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif-Menyenagkan, (Yogyakarta: akultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijogo, 2009). Hamid Darmadi, Kemampuan Dasar Mengajar, (Bandung: Alfabeta, 2009).
Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Strategi Learning Start With A Question adalah suatu strategi pembelajaran dimana proses belajar diarahkan siswa aktif dalam bertanya sebelum mereka Salah satu strategi belajar yang terkait dengan apresepsi, adalah strategi LSQ ( Learning Start With A Question ). Strategi Learning Start ...



Advertisement

No comments:

Post a Comment