.

Jenis dalam Metode Pemberian Tugas

 

Jenis dalam metode pemberian tugas adalah bentuk tugas yang dapat diberikan kepada peserta didik banyak macamnya, tergantung pada tujuan yang akan dicapai. Diantaranya tugas meneliti, tugas menyusun laporan (lisan/ tulisan), tugas motorik (pekerjaan motorik), dan tugas di laboratorium.
Menurut Roestiyah NK, jenis dalam metode pemberian tugas dapat diberikan dalam bentuk daftar sejumlah pertanyaan mengenai mata pelajaran tertentu; atau satu perintah yang harus dibahas dengan diskusi atau perlu dicari uraiannya dalam buku pelajaran, dapat juga berupa tugas tertulis atau tugas lisan yang lain, dapat ditugaskan untuk mengumpulkan sesuatu, membuat sesuatu, mengadakan observasi terhadap sesuatu dan bisa juga melakukan eksperimen. Tugas dapat juga berupa perintah, kemudian peserta didik mempelajari bersama teman atau sendiri dan menyusun laporan/resume.
Menurut Zakiah Daradjat, jenis metode pemberian tugas dapat dilakukan guru dalam beberapa bentuk, yaitu: 1) Peserta didik diberi tugas mempelajari bagian dari suatu buku teks, baik secara kelompok maupun perorangan, diberi waktu tertentu untuk mengerjakannya kemudian peserta didik yang bersangkutan mempertanggungjawabkannya. 2) Peserta didik diberi tugas untuk melaksanakan sesuatu yang tujuannya melatih mereka dalam hal yang bersifat kecakapan mental dan motorik. 3) Peserta didik diberi tugas untuk melaksanakan eksperimen, biasanya tugas ini dalam bidang studi IPA dengan tujuan memberikan pengalaman yang berguna sehingga timbul keterampilan. 4) Peserta didik diberi tugas untuk mengatasi masalah tertentu/ problem solving dengan cara mencoba memecahkannya. Tujuannya agar peserta didik biasa berpikir ilmiah (logis dan sistematis) dalam memecahkan sesuatu masalah. 5) Peserta didik diberi tugas melaksanakan proyek dengan tujuan agar peserta didik membiasakan diri bertanggung jawab terhadap penyelesaian suatu masalah yang telah disediakan dan bagaimana mengolah selanjutnya.
Lebih spesifik, Armai Arief menyebutkan jenis dalam metode pemberian tugas meliputi: 1) Tugas dari buku teks. 2) Tugas dari koran dan atau majalah. 3) Tugas eksperimen. 4) Tugas melaksanakan praktek. 5) Tugas melaksanakan proyek.
Pendapat tentang jenis-jenis dalam metode pemberian tugas yang dikemukakan di atas pada dasarnya memiliki persamaan, yakni menekankan pada aktivitas siswa diluar jam pembelajaran dalam upaya mencapai tujuan. Jenis tugas yang diterapkan juga terkait dengan persepsi guru terhadap mata pelajaran yang diajarkan dan upaya yang tepat dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Zakiah Daradjat, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam (Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara, 2008). Ahmad Sabri, Strategi Belajar Mengajar & Micro Teaching (Cet. II; Ciputat: Quantum Teaching, 2007). Roestiyah NK, Strategi Belajar Mengajar (Cet. V; Jakarta: PT Rineka Cipta, 1998). Ahmad Munjin Nasih dan Lilik Nur Kholidah, Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Cet. I; Bandung: Refika Aditama, 2009). Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam (Cet. I; Jakarta: Ciputat Pers, 2002).
Jenis dalam Metode Pemberian Tugas 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Menurut Zakiah Daradjat, jenis metode pemberian tugas dapat dilakukan guru dalam beberapa bentuk, yaitu: 1) Peserta didik diberi tugas Jenis dalam metode pemberian tugas adalah bentuk tugas yang dapat diberikan kepada peserta didik banyak macamnya, tergantung pada tujuan y...


Advertisement
Post a Comment