.

Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar

 

Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar, yaitu sebagai berikut:
Faktor internal (dari dalam individu yang belajar).
Faktor yang mempengarui hasil belajar ini lebih ditekankan faktor dari dalam individu yang belajar. Adapun faktor yang memengarui kegiatan tersebut adalah faktor psikologis, antara lain yaitu: motivasi, perhatian, pengamatan, tanggapan dan lain-lain sebagainya.
Faktor eksternal (dari luar individu yang belajar)
Pencapaian hasil belajar perlu diciptakan adanya sistem lingkungan belajar yang kondusif. Hal ini akan berkaitan dengan faktor dari luar peserta didik. Adapun faktor yang memengarui adalah mendapatkan pengetahuan, penananman konsep dan keterampilan, dan pembentukan sikap.
Dari kedua faktor tersebut, maka yang menjadi faktor penting mengenai hasil belajar yaitu tinggi rendahnya pendidikan dari orang tua, besar kecilnya penghasilan, cukup atau kurang perhatian dan bimbingan orang tua, rukun atau tidaknya hubungan orang tua dengan anak-anak, tenang atau tidaknya situasi dalam rumah, semua itu turut memengaruhi pencapaian hasil peserta didik. Selain itu, faktor keadaan rumah juga turut mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Besar kecilnya rumah tempat tinggal, ada atau tidaknya fasilitas yang diperlukan dalam belajar turut memegang peranan penting.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan (Cet. XIII; Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 1998).
Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Dari kedua faktor tersebut, maka yang menjadi faktor penting mengenai hasil belajar yaitu tinggi rendahnya pendidikan dari orang tua, Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar , yaitu sebagai berikut: Faktor internal (dari dalam individu yang belajar). Faktor yang ...


Advertisement
Post a Comment