Skip to main content

Pengertian Qadar menurut Bahasa dan Istilah

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: September 17, 2012

Pengertian Qadar menurut Bahasa dan Istilah

Qadar menurut bahasa

Qadar berasal dari bahasa Arab, yakni al-qadr (القدر) yang berarti menetapkan.
Salah satu rukun iman yang diyakini kalangan Ahl Sunnah wa al-Jamaah, adalah iman kepada Qadha dan Qadar. Kata

Pengertian Qadar ini disamakan dengan kata al-hukm (الحكم) artinya; penetapan, sehingga dalam al-Qur'an ditemukan istilah yang disebut dengan Malam Qadar, yaitu malam yang ditetapkan oleh Allah atas perjalanan hidup makhluk selama setahun.

Qadar menurut istilah

Menurut istilah, pengertian Qadar adalah ketetapan atau ketentuan Tuhan sejak azali dan tidak ada satu makhluk pun yang dapat merubahnya. Dengan kata lain Pengertian Qadar merupakan undang-undang, di mana manusia tidak mampu merubahnya.

Dalam ilmu kalam, istilah Qadar disamakan dengan Qadha, yakni penetapan Allah yang tidak berubah-ubah. Karena makna dari pengertian Qadar merupakan ketetapan Allah, maka apa yang telah ditetapka-Nya tiada kuasa bagi makhluk-makhluk-Nya untuk mengadakan perubahan atas ketetapan tersebut (bandingkan dengan pengertian Takdir di sini).

Misalnya saja, Allah telah menetapkan bagi bulan manzilah untuk mengelilingi matahari, maka walau bagaimana pun usaha manusia untuk merubahnya, sungguh sia-sialah usahanya, karena qadar-nya memang sudah demikian.

Referensi Makalah®  
Kepustakaan: Mahmud Yunus, Kamus Indonesia Arab (Jakarta: Hidakarya Agung, 1989). M. Quraish Shihab, Tafsir al-Qur'an al-Karim; Tafsir atas Surah-surah Pendek Berdasarkan Urutan Turunnya Wahyu (Cet. I; Bandung: Pustaka Hidayah, 1997). A. Ma'mun Rauf, et.al., Aqidah dan Aliran Kepercayaan (Ujung Pandang: LSI–UMI, 1993).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar