.

Pengertian Kepribadian; Pengantar

 

Beberapa pengertian kepribadian yang dikutip oleh NgainunNaim di antaranya; menurut Gordon W. Allport bahwa kepribadian merupakan organisasi dinamis dalam individu sebagai sistem psikofisis yang menentukan caranya yang khas dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Sedangkan menurut Witherington kepribadian adalah keseluruhan tingkah laku seseorang yang diintegrasikan sebagaimana yang tampak pada orang lain. Menurutnya kepribadian tersebut bukan hanya yang melekat pada diri seseorang, tetapi lebih merupakan hasil dari suatu pertumbuhan yang lama dalam suatu lingkungan kultural.
Pengertian kepribadian dalam ilmu psikologi adalah sifat hakiki yang tercermin pada sikap seseorang. Kata kepribadian diambil dari terjemahan kata yang berasal dari bahasa Inggris, yaitu personality. Menurut Kartini Kartono dan Dali Gulo dalam Ngainun Naim bahwa kata personality mempunyai pengertian sebagai sifat dan tingkah laku khas seseorang yang membedakannya dari orang lain.
Pengertian kepribadian dalam prakteknya ternyata mengandung hal kompleks. Hal ini terlihat dari para ahli psikologi untuk merumuskan definisi tentang kepribadian secara tepat, jelas, dan mudah dimengerti, antara satu psikolog dengan psikolog lain memiliki definisi yang berbeda-beda.
Dalam hal ini Zakiah Daradjat memberikan solusi, bahwa sebaiknya memandang kepribadian itu dari segi integritasnya. Sebab kepribadian terpadu, akan dapat menghadapi segala persoalan dengan wajar dan sehat, karena segala unsur dalam pribadinya bekerja seimbang dan serasi. Pikiran mampu bekerja dengan tenang, setiap masalah dapat dihadapi secara obyektif, artinya tidak dikaitkan dengan prasangka atau emosi yang tidak menyenangkan.
Menurut Zakiah Daradjat, bahwa kepribadian yang sesungguhnya adalah abstrak (maknawiah), sukar dilihat atau diketahui secara nyata, yang dapat diketahui adalah penampilan atau bekasnya dalam segala segi dan aspek kehidupan. Misalnya dalam tindakan, ucapan, cara bergaul, baik yang ringan maupun yang berat.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Ngainun Naim, Menjadi Guru Inspiratif; Memberdayakan dan Mengubah Hidup Peserta didik (Cet. II; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009). Zakiah Daradjat, Kepribadian Guru (Cet. IV; Jakarta: Bulan Bintang, 2005).
Pengertian Kepribadian; Pengantar 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Dalam hal ini Zakiah Daradjat memberikan solusi, bahwa sebaiknya memandang kepribadian itu dari segi integritasnya. Beberapa pengertian kepribadian yang dikutip oleh NgainunNaim di antaranya; menurut Gordon W. Allport bahwa kepribadian merupakan organisas...

Gunakan Browser Super Kencang Gratis, Klik di Sini


Advertisement

1 comment: